Minggu, 27 Maret 2011

SOAL IMO : Seleksi Kabupaten 2002


1.      Pada suatu segitiga ABC, sudut C tiga kali besar sudut A dan sudut B dua kali besar sudut A. Berapakah perbandingan (rasio) antara panjang AB dengan BC ?
2.      Bando dan Bandi ingin mengecat pagar, Bando dapat menyelesaikan pengecatan pagar oleh dirinya sendiri dalam waktu 3 jam, sedangkan Bandi dapat menyelesaikannya dalam 4 jam. Pada pukul 12:00 siang mereka mulai mengecat pagar bersama-sama. Akan tetapi pada suatu ketika mereka bertengkar. Mereka bertengkar selama 10 menit dan dalam masa itu tidak satupun yang melakukan pengecatan. Setelah pertengkaran tersebut Bandi pergi dan Bando meyelesaikan pengecatan pagar sendirian. Jika Bando menyelesaikan pengecatan pada pukul 14:25, pada pukul berapakah pertengkaran dimulai ?
3.      Berapakah jumlah digit-digit bilangan 22002 52003 ?
4.      Berapa banyak bilangan positif yang kurang dari 10.000 yang berbentuk x8 + y8 untuk suatu bilangan bulat x > 0 dan y > 0 ?
5.      Tentukan bilangan n terkecil sehingga setiap subhimpunan dari {1, 2, 3, ⋅⋅⋅, 20} yang beranggotakan n unsur pasti mengandung dua anggota yang selisihnya 8
6.      Garis AB dan CD sejajar dan berjarak 4 satuan. Misalkan AD memotong BC di titik P diantara kedua garis. Jika AB = 4 dan CD = 12, berapa jauh P dari garis CD ?
7.      Misalkan a dan b bilangan real yang berbeda sehingga
Tentukan a/b
8.      Bilangan bulat positif p ≥ 2 disebut bilangan prima jika ia hanya mempunyai faktor 1 dan p. Tentukan nilai penjumlahan semua bilangan prima diantara 1 dan 100 yang sekaligus bersifat : satu lebihnya dari suatu bilangan kelipatan 5 dan satu kurangnya dari suatu bilangan kelipatan 6.
9.      Misalkan

dan

Tentukan bilangan bulat yang nilainya paling dekat ke a − b.
10.  Suatu persegi panjang berukuran 8 kali 2√2 mempunyai titik pusat yang sama dengan suatu lingkaran berjari-jari 2. Berapakah luas daerah irisan antara persegi panjang dan lingkaran tersebut ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar