Jumat, 14 Oktober 2011

Tanda-Tanda Anak Yang Manja

Anak manja itu menjengkelkan, banyak yang bilang dengan sering memeluk, menciumi bayi tidak akan membuat mereka tumbuh menjadi anak yang manja. Namun ketika mereka melewati masa balita, kegiatan itu akan membuat mereka menjadi anak yang manja.
Mudah bagi kita mengamati anak manja di sebuah taman, tapi kadang kita luput mengamati perilaku anak sendiri. Inilah 10 tanda yang mengindikasikan kalau anak Anda tumbuh menjadi anak yang manja:

1. Dia lebih sering mengamuk
Tanda yang pasti dari anak yang manja adalah ia lebih sering mengamuk atau ngambek, baik di muka umum ataupun di rumah.

2. Tidak pernah merasa puas
Anak yang manja kadang tidak bisa menunjukkan perasaan puas atas apa yang mereka miliki. Jika mereka melihat barang milik orang lain, maka mereka akan menginginkan barang tersebut.

3. Tidak suka membantu
Tidak ada baita yang suka bersih-bersih, tapi saat mereka melewati masa itu, harusnya mereka mau membantu mengerjakan tugas yang mudah, seperti membereskan mainan dan sepatu mereka.

4. Mencoba mengontrol orang dewasa
Anak yang manja kadang tidak bisa membedakan antara orangtua dan orang dewasa lainnya. Mereka selalu mengharapkan siaipun itu mau mendengarkan mereka setiap saat.

5. Sering mempermalukan anda di muka umum
Melakukan kesalahan itu normal, tapi saat anak bertujuan membuat malu orangtuanya di muka umum hanya untuk mendapatkan perhatian, maka keadaan menjadi seperti terisolasi.

6. Tidak mau berbagi
Berbagi merupakan konsep yang sulit bagi anak kecil sampai orang dewasa, tapi saat anak mencapai usia 4 tahun, ia harusnya sudah mau berbagi mainan, makanan dan lainnya dengan teman dan saudaranya.

7. Anda harus memohon padanya
Orangtua, pengasuh adalah sosok pengatur dan harus dipatuhi saat memerintahkan sesuatu. Sebagai orantua Anda tidak perlu memohon kepada anak untuk menyelesakan tugas-tugasnya.

8. Ia mengabaikan Anda
Tidak ada seorang anakpun yang senang mendengar kata "tidak", tetapi mereka tidak boleh mengabaikan Anda saat berbicara dengan mereka.

9. Tidak ingin bermain sendiri
Pada usia 4 tahun, anak harus berani dan bisa bermain sendiri untuk menghabiskan waktu. Membutuhkan orangtua atau teman bermain untuk bermain bersama mereka, menunjukkan kalau mereka butuh perhatian.

10. Anda harus menyuap mereka
Orangtua tidak boleh menyogok anak-anak mereka dengan uang, mainan, traktiran atau sejenisnya hanya agar mereka mau melakukan tugas rutin mereka.


sumber ; waspada.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar