Rabu, 14 Desember 2011

Mengenal Negara Maju : AMERIKA SERIKAT


Amerika Serikat merupakan republik federal dengan ibu kota Washington DC. Negara ini terdiri atas 50 negara bagian. Dua negara bagian letaknya terpisah dari negara bagian lainnya yaitu Alaska yang terletak di sebelah barat daya Kanada dan Hawai, terletak di Samudra Pasifik. Amerika Serikat memproklamasikan kemerdekaan dari kerajaan Inggris pada tanggal 4 Juli 1776 di Philadelphia.
Pada awal kemerdekaannya, Amerika hanya terdiri atas tiga belas negara bagian, pada tahun 1959 Alaska dan Hawai menjadi negara bagian yang terakhir.
Dalam perkembangan saat ini, Amerika Serikat menjadi negara yang secara ekonomi dan politik sangat berpengaruh di dunia.

a. Letak dan Batas Wilayah
Amerika Serikat terletak di Benua Amerika bagian utara. Secara astronomi terletak antara 24o33’LU–70o23’LU dan 172o27’BT–66o51’BB. Batas-batas wilayahnya antara lain negara Kanada di sebelah utara, Samudra Atlantik di sebelah timur, Teluk Meksiko dan negara Meksiko di sebelah selatan, dan Samudra Pasifik di sebelah barat.

b. Keadaan alam
Keadaan alam Amerika Serikat dari barat ke timur terbagi menjadi tiga bagian sebagai berikut.

1) Bagian barat terdapat dataran pantai sempit Samudra Pasifik yang berdinding curam dan di bagian timur yang terdapat kompleks Pegunungan Rocky yang terdiri atas Pegunungan Sierra Nevada, Pegunungan Cascade, Dataran Tinggi Colombia, dan Dataran Tinggi Great Basin.

2) Bagian tengah, berada di bagian timur Pegunungan Rocky di bagian barat dan Pegunungan Appalachia di bagian timur. Di bagian ini terdapat dataran tinggi yang terkenal yaitu Dataran Tinggi Central Plain dan Dataran Tinggi Great Plain. Sungai-sungai besar yang mengalir di Amerika Serikat berasal dari wilayah ini dan membentuk lembah-lembah sungai yang subur. Sungai-sungainya antara lain Sungai Mississippi, Sungai Misouri, Sungai Colorado, Sungai Arkansas, Sungai Minesota. Pada bagian Sungai Colorado terbentuk ngarai yang terluas di dunia yaitu Grand Canyon.

3) Bagian timur terdapat Pegunungan Alleghany dan Pegunungan Appalachia. Dua pegunungan ini terletak di ujung timur dekat pantai Samudra Atlantik. Pada bagian utara Pegunungan Appalachia terdapat danaudanau besar yang berbatasan dengan Kanada yaitu Danau Michigan, Danau Huron, Danau Superrior, Danau Eyre, dan Danau Ontario.
Keadaan iklim Amerika Serikat antara lain iklim subtropis terdapat di bagian selatan sekitar Teluk Meksiko, sebagian besar wilayah Amerika Serikat beriklim kontinental. Iklim laut terdapat di pesisir pantai bagian barat yang berhadapan dengan Samudra Pasifik mulai dari Alaska sampai California. Adapun iklim gurun terdapat di sekitar Pegunungan Cascade dan sebelah timur kompleks Pegunungan Rocky.

c. Keadaan Penduduk
Amerika Serikat merupakan negara yang multi-etnis, yaitu negara yang penduduknya berasal dari berbagai ras utama di dunia. Penduduknya aslinya adalah suku bangsa Eskimo yang banyak bertempat tinggal di negara bagian Alaska dan suku bangsa Indian yang berdiam di daratan utara. Selain penduduk asli terdapat penduduk pendatang yang berasal dari Asia, Eropa, dan Afrika. Mereka saling berinteraksi satu dengan lainnya sehingga menimbulkan suku bangsa campuran di Amerika Serikat.
Suku bangsa campurannya antara lain suku bangsa Mestis, Mulat, Zambo, dan suku bangsa Kreol.

d. Kegiatan Ekonomi
Perekonomian Amerika Serikat termasuk yang paling maju di dunia. Adapun sektor-sektor yang mendukung kemajuan bidang ekonomi antara lain sebagai berikut.

1) Pertanian

Sektor pertanian Amerika Serikat dilakukan dan diusahakan dengan sangat baik, faktor-faktor yang memengaruhi kemajuannya antara lain:
a) diselenggarakan dengan cara intensif dan ekstensif,
b) mempunyai dataran rendah yang luas dan subur,
c) diselenggarakan dengan peralatan-peralatan modern (mekanisasi),
d) mempunyai iklim yang cocok untuk usaha pertanian,
e) menerapkan sistem pertanian monokultur yaitu hanya menanam satu jenis tanaman saja di lahan pertanian yang luas.

Hasil-hasil pertaniannya antara lain sebagai berikut.
a) Gandum, daerahnya disebut Wheat Belt terdapat di daerah utara dan tengah Dataran Rendah Mississipi.
Gudang gandumnya disebut Elevator.
b) Kapas terdapat di Texas, Arizona, Oklahoma, dan Alabama.
Daerah pertaniannya disebut Cotton Belt.
c) Jagung terdapat di Ohio, Minnesotta, Missouri.
Daerah pertanian disebut Corn Belt. Tanaman jagung di Amerika Serikat banyak dimanfaatkan untuk makan ternak. Hal ini yang menyebabkan peternakan berkembang pesat. Pusat pemotongan hewan ternak di Amerika Serikat terdapat di Chicago.
d) Tembakau terdapat di Virginia, Kentucky, Carolina, dan Ohio.
Daerah pertaniannya disebut Tobacco Belt.
e) Hasil pertanian lainnya berupa buah-buahan, sayuran, tebu, dan padi.

2) Pertambangan

Amerika Serikat termasuk negara yang mempunyai kekayaan hasil tambang yang cukup besar di dunia. Hasil tambangnya antara lain:
a) batu bara, terdapat di pegunungan Alleghany, Virginia dan Pennsylvania;
b) minyak bumi, terdapat di California, Texas, Oklahoma, Ohio;
c) bijih besi terdapat di sekitar Danau Superrior, Pegunungan Alleghany;
d) tembaga terdapat di Arizona, Utah, Montana;
e) emas terdapat di Collorado, California;
f) bauksit terdapat di Arkansas;
g) belerang terdapat di Texas, Lousiana.

e. Perindustrian

Amerika Serikat merupakan negara industri terbesar di dunia. Majunya bidang perindustrian ini didukung oleh beberapa faktor berikut.
1) Kekayaan hasil tambang berupa batu bara dan bijih besi yang melimpah.
2) Perindustrian menggunakan teknologi modern.
3) Mempunyai modal yang besar.
4) Mempunyai tenaga ahli.
5) Kegiatan industrinya dilakukan secara profesional.

Adapun sifat-sifat perindustrian Amerika Serikat antara lain sebagai berikut.
1) Produksinya dilakukan secara besar-besaran.
2) Adanya pembagian kerja yang sangat teliti.
3) Pembentukan trust dan kartel yaitu usaha untuk menghindari persaingan dengan menggabungkan perusahaan sejenis.
4) Standardisasi produk sesuai dengan ukuran tertentu sehingga dapat menghasilkan barang dalam waktu singkat dengan jumlah besar.

Macam-macam industri yang dihasilkan antara lain:
1) industri pesawat terbang di Seatle, Washington;
2) industri mobil dan lokomotif di Detroit;
3) industri besi baja di Pittsbury, Birmingham, Buffalo;
4) industri tekstil di Carolina, Georgia, Boston;
5) industri tembaga di Montana;
6) industri perfilman di Hollywood;
7) industri pengilangan minyak di Texas, Oklahoma.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar