RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan Kelas/Semester : VII/2 Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (Satu pertemuan ) |
A. Standar Kompetensi :4. Menampilkan perilaku kemerdekaan
mengemukakan pendapat.
B. Kompetensi Dasar :4.1 Menjelaskan hakikat kemerdekaan me-
ngemukakan pendapat.
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
1. Peserta didik dapat menjelaskan hakikat kemerdekaan mengemukakan pendapatdengan penuh percaya diri.
2. Peserta didik dapat menyebutkanlandasan hukum kemerdekaan mengemukakan pendapat dengan menunjukkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dengan penuh percaya diri.
Petemuan 2
1. Peserta didik dapat menunjukkan contoh cara mengemukakan pendapat berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dengan penuh percaya diri.
2. Peserta didik dapat membuat klipingcontoh cara mengemukakan pendapat secara mandiri.
D. Materi Pembelajaran
1. Hakikat kemerdekaan mengemukakan pendapat.
Langkah-langkah Pembelajaran
A. Langkah-lanhkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
PENDAHULUAN :
Kegiatan | Waktu |
a. Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan kelas, menyanyikan salah satu lagu wajib). b. Memberikan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari tentang hakekat kemerdekaan megeluarkan pendapat c. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai. d. Meyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus. | 10 menit |
KEGIATAN INTI :
Kegiatan | 3. Peserta didik membaca dan menelaah secara mandiri Buku Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VII halaman …. tentang landasan hukum kemerdekaan mengemukakan pendapat berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 4. Tanya jawab tentang landasan hukum kemerdekaan mengemukakan pendapat berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. | 60 menit |
a. Peserta didik dengan dibimbing dan difasilitasi guru membuat kesimpulan dan rangkuman materi hakekat kemerdekaan mengeluarkan pendapat dengan penuh percaya diri secara bersama-sama dalam kelas.
b. Pos tes dan refleksi secara lisan
c. Memeberikan umpan balik terhadap proses hasil pembelajaran
d. Peserta didik mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan guru
e. Menyampaikan rencana pembelaaran untuk perteuan berikutnya tentang contoh kemerdekaan mengeluarkan pendapat
10 menit
Pertemuan 2
PENDAHULUAN :
Kegiatan | Waktu |
a. Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan kelas, menyanyikan lagu wajib). b. Memberikan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari tentang kemerdekaan mengeluarkan pendapat c. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai. d. Meyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus. | 10 menit |
KEGIATAN INTI :
Kegiatan | Waktu |
1.Peserta didik mengamati gambar tentang kemerdekaan megemukakan pendapat yang di tayangkan oleh guru 1. Siswa mencermati Gambar tersebut secara mandiri dan penuh percaya diri. 1. Membaca dan menelaah secara mandiri Buku Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VII halaman …. tentang contoh tiga cara mengemukakan pendapat berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 2. Tanya jawab tentang contoh tiga cara mengemukakan pendapat berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 3. Membuat kliping disertai penjelasan peserta didik tentang contoh cara mengemukakan pendapat secara mandiri. | 60 menit |
PENUTUP
Kegiatan | Waktu |
a. Peserta didik dengan dibimbing dan difasilitasi guru membuat kesimpulan dan rangkuman tentang contoh kemerdekaan mengeluarkan pendapat b. Pos tes dan refleksi secara lisan c. Memeberikan umpan balik terhadap proses hasil pembelajaran d. Peserta didik mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan guru e. Menyampaikan rencana pembelaaran untuk perteuan berikutnya tentang .... | 10 menit |
G. Alat/Bahan/Sumber Belajar
· Gambar yang menunjukkan kemerdekaan mengemukakan pendapat.
· Surat Kabar/Majalah untuk bahan kliping cara mengemukakan pendapat.
· Nama Pengarang. Tahun. Buku Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VII.Kota: Penerbit. Halaman ….
H. Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen |
1. Menjelaskan hakikat kemerdekaan mengemukakan pendapat berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 2. Menyebutkan landasan hukum kemerdekaan mengemukakan pendapat dengan menunjukkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 3. Menunjukkan contoh cara mengemukakan pendapat berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 4. Membuat kliping contoh cara mengemukakan pendapat. 5. Kemandirian. 6. Percaya diri. | 1. Penilaian Tertulis 2. Penilaian Tertulis 3. Penilaian Tertulis Penilaian Diri 6. Penilaian Diri | Pilihan Ganda Pilihan Ganda Pilihan Ganda Skala Rentang Cek Karakter Cek Karakter | Lembar Penilaian-1 Lembar Penilaian-1 Lembar Penilaian-1 Lembar Penilaian-2 Lembar Penilaian-3 Lembar Penilaian-4 |
Jakarta, …………………2010
Mengetahui: Guru Pendidikan Kewarganegaraan,
Kepala Sekolah,
……………………………….. ………………………………..
LEMBAR PENILAIAN-1
Pilihlah satu jawaban yang benar.
1. Cara seseorang mengeluarkan apa yang ada:
1. di benak hatinya
2. dipikirkan
3. dirasakan
4. diketahui
Dari pernyataan di atas yang merupakan hakekat mengeluarkan pendapat ditunjukkan nomor..
a. 1, 2 dan 3 c. 1, 3 dan 4
b. 1, 2 dan 4 d. 2, 3 dan 4
2. Amir ikut serta menjadi anggota suatu organisasi dan berkumpul untuk mengeluarkan pikiran secara lisan dan tulisan hal tersebut dijamin dalam UUD 1945 pasal ….
a. 27 c. 30
b. 28 d. 31
3. Tata cara penyampaian pendapat di muka umum antara lain selambat-lambatnya 3 x 24 jam sebelum pelaksanaan sudah memberitahukan kepada ….
a. Polri setempat secara tertulis
b. TNI yang bertugas di wilayahnya
c. Aparat pemerintah secara resmi
d. Organisasi yang ada di atasnya secara tertulis
4. Kemerdekaan mengemukakan pendapat berarti mengeluarkan pendapat secara ....
a. bebas dan bertanggung jawab
b. tanpa pertanggungjawaban
c. bebas dantanpa batas
b. menolak pendapat orang lain
c. mengganggu ketertiban umum
d. tidak perlu berpendapat bila tidak perlu
6. Agar tuntutannya diperhatikan orang banyak dan pemerintah, seseorang mengemukakan pendapatnya dengan mengirinkan surat pembaca di surat kabar. Cara tersebut termasuk cara mengemukakan pendapat dengan ....
a. pengungkapan lisan
b. pengungkapan tulisan
c. pengungkapan cara lain
d. pengungkapan artikel
7.c. pengungkapan cara lain
d. pengungkapan artikel
8. Seseorang melakukan tindakan mogok makan agar tuntutannya diperhatikan oleh lembaga yang dituntutnya. Tindakan orang tersebut termasuk cara mengemukakan pendapat dengan ....
a. pengungkapan lisan
b. pengungkapan tulisan
c. pengungkapan cara lain
d. pengungkapan artikel
9. Sekelompok orang melakukan tindakan gerakan tutup mulut untuk melakukan tuntutan kepada pemerintah. Tindakan sekelompok orang tersebut termasuk cara mengemukakan pendapat dengan ....
a. pengungkapan lisan
b. pengungkapan tulisan
c. pengungkapan cara lain
d. pengungkapan artikel
10. Sekelompok orang melakukan orasi untuk menuntut penurunan harga kebutuhan pokok dan dalam melakukan tuntutan tersebut diselingi dengan berbagai atraksi panggung. Contoh tersebut termasuk cara mengemukakan pendapat dengan ....
a. pengungkapan lisan
b. pengungkapan tulisan
c. pengungkapan cara lain
d. pengungkapan artikel
· Kunci Jawaban dan Pedoman Penilaian
1. a. 1,2 dan 3
2. b. Pasal 28
3. a. Polri setempat secara tertulis
4. a. bebas dan bertanggung jawab
5. a. menghormati kebebasan orang lain
6. b. pengungkapan tulisan
7. b. pengungkapan tulisan
8. c. pengungkapan cara lain
9. c. pengungkapan cara lain
10. a. pengungkapan lisan
Nilai = Jumlah Jawaban Benar x 10
Tidak ada komentar:
Posting Komentar