Senin, 05 September 2011

Contoh RPP Berkarakter : Seni Budaya

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                                 :  SMP…
Mata Pelajaran                    :  Seni Budaya/Seni Rupa
Kelas/Semester                  :  VII ( tujuh )/1 ( satu )
Alokasi Waktu                     :  4 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )

A. Standar Kompetensi     : 1. Mengapresiasi karya Seni Rupa                
B.  Kompetensi Dasar         : 1.2   Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa terapan daerah setempat

C. Tujuan Pembelajaran

Pertemuan pertama :
Pada akhir pembelajaran peserta didik dapat:
  1. Mengidentifikasi cabang-cabang seni, unsur-unsur seni, sifat dasar seni secara berkelompok.
  2. Mengidentifikasi hasil karya seni rupa terapan  DKI Jakarta secara berkelompok.
  3. Mendiskripsikan ciri-ciri karya seni rupa terapan.
  4. Mendiskripsikan jenis, fungsi. bentuk karya seni terapan setempat.
  5. Mendiskripsikan teknik pembuatan karya seni rupa terapan DKI Jakarta secara berkelompok.

Pertemuan kedua
      Pada akhir pembelajaran peserta didik dapat :
1.  Mempresentasikan hasil kerja kelompok.
2.  Bekerjasama baik dengan teman sekelompoknya maupun kelompok lain
3.  Menghargai karya orang lain
4.  Mensyukuri nikmat Allah karena telah mendapat kemudahan dalam
     melakukan kegiatan sehari-hari dengan adanya karya seni terapan.


D. Materi Pembelajaran
1.    Pengertian cabang-cabang seni, unsur-unsur, sifat dasar seni. 
2    Karya seni rupa terapan di DKI Jakarta
3.  Jenis-jenis karya seni rupa terapan DKI Jakarta
4.   Bentuk-bentuk karya seni rupa terapan DKi Jakarta
5.   Fungsi karya seni rupa terapan DKI Jakarta
6.  Teknik pembuatan karya seni rupa terapan DKI Jakarta
7.   Tokoh pembuat karya seni rupa terapan di DKI Jakarta

E. Metode Pembelajaran
1. Diskusi
2. Tanya jawab
3. Observasi/pengamatan

F.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran           
a.    Pendahuluan
-  Berdoa.
-  Memeriksa kehadiran siswa dan keadaan siswa
-  Guru menanyakan  hal yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran pada pertemuan sebelumnya.
- Selama tujuh menit peserta didik menulis benda hasil karya seni rupa terapan yang terdapat di rumahnya

b.    Kegiatan inti
Kegiatan Explorasi :
- Peserta didik melihat tayangan media elektronik yang menayangkan tentang hasil karya seni rupa dan karya seni rupa terapan DKI Jakarta
- Peserta didik mendiskripsikan karya yang ditayangkan meliputi : cabang-cabang seni yang ada, unsur-unsur seni, sifat dasar seni dan teknik-teknik pembuatan seni terapan DKI Jakarta

Kegiatan Elaborasi
-          Peserta didik membagi empat kelompok,
-          Setiap kelompok mengumpulkan hasil diskripsi dari anggota dan membuat kesimpulan
-    Setiap kelompok membuat laporan hasil diskusi .
-    Setiap kelompok mempresentasikan didepan kelas, kelompok lain
   memberi tanggapan.

Kegiatan Konfirmasi
-    Guru memberikan komentar sebagai umpan balik berkaitan dengan
      hasil presentasi dan tanggapan kelompok lain.
-    Guru  memberi kesimpulan dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan

c.    Penutup
-    Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran.
-    Penilaian.
-    Refleksi :  Peserta didik mengungkapkan kesan terhadap pentingnya keberadaan seni disekelilingnya  terutama karya seni rupa terapan.
-    Guru menginformasikan kepada peserta didik pekerjaan di rumah:mengumpulkan gambar berbagai jenis karya seni rupa terapan  dari koran, majalah, atau internet. Gunting gambar tersebut dan tempelkan di lembar kerja (Tabel identifikasi), tuliskan identifikasi, nama, fungsi, terbuat dari bahan apa karya seni terapan tersebut.
-    Berdoa.
-    Keluar kelas dengan tertib pada waktunya

G.  Sumber Belajar : Media Cetak, media elektronik, lingkungan sekitar.


H. Penilaian:

Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

·   Mempresentasikan teknik  pembuatan, fungsi, bahan dan tokoh yang pembu- at karya seni rupa terapan  di DKI Jakarta.

·   Dapat lebih menghargai karya orang lain dan mempertebal rasa kebangsaan.

Lembar Obsevasi






Self assessment








Lembar    identifikasi





Skala Likert


Presentasikan hasil diskusi kelompokmu yang berupa tanggapan tentang keunikan gagasan,
Teknik pembuatan, fungsi, bahan yang dugunakan
Untuk membuat karya seni rupa terapan DKI Jakarta.



Setelah mengikuti pelajaran ini, seberapa baik kalian dalam beberapa hal berikut ini. Silanglah 1 untuk BELUM BAIK, 2 untuk CUKUP BAIK, 3 untuk BAIK,  4 untuk SANGAT BAIK sesuai dengan diri kalian.

1.    Bekerja sama dengan teman sekelas                                 
                                              1     2     3     4
2.    Rasa percaya diri dalam mengemukakan pendapat                             1     2     3     4
3.    Bekerja dengan cermat/teliti                                           1     2     3     4
4.    Menghargai pendapat teman sekelas                             1     2     3     4
5.    Mencari bahan tugas sendiri                                                                       1     2     3     4
6.    Membuat  tugas sendiri                                                                      1     2     3     4
7.    Menghargai karya orang lain
                                                  1     2     3     4


                                                                                          ...................., .........................2010
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ..............................                             Guru Mata Pelajaran,



Tidak ada komentar:

Posting Komentar