Minat adalah kesadaran yang timbul bahwa objek tertentu sangat disenangi dan melahirkan perhatian yang tinggi bagi individu terhadap objek tersebut (Crites, 1969 : 29). Di samping itu, minat juga merupakan kemampuan untuk memberikan stimulus yang mendorong seseorang untuk memperhatikan aktivitas yang dilakukan berdasarkan pengalaman yang sebenarnya (Crow and Crow , 1984 :248). Berdasarkan kedua penegertian tersebut, minat merupakan kemampuan seseorang untuk memberikan perhatian terhadap suatu objek yang disertai dengan rasa senang dan dilakukan penuh kesadaran.
Peserta didik yang menaruh minat pada suatu mata pelajaran, perhatiannya akan tinggi dan minatnya berfungsi sebagai pendorong kuat untuk terlibat secara aktif dalam kegiatan belajar mengajar pada pelajaran tersebut. Oleh karena itu, definisi operasional minat belajar adalah pilihan kesenangan dalam melakukan kegiatan dan dapat membangkitkan gairah seseorang untuk memenuhi kesediaannya yang dapat diukur melalui kesukacitaan, ketertarikan, perhatian dan keterlibatan. Berikut contoh kisi-kisi dan soal minat belajar sastra Indonesia.
NO. | DIMENSI | INDIKATOR | NOMOR SOAL |
1. 2. 3. 4. | Kesukaan Ketertarikan Perhatian Keterlibatan | Gairah Inisiatif Responsif Kesegeraan Konsentrasi Ketelitian Kemauan Keuletan Kerja Keras | 8, 13 16, 17 10, 15, 20 2, 6, 9 7, 19 3, 10 4, 5 1, 18 12, 14 |
Keterangan : Nomor yang bergaris bawah adalah untuk pernyataan positif
Contoh soalnya seperti berikut :
NO. | PERNYATAAN | SS | S | KK | J | TP |
1. 2. 7. 16. 20. | …. Saya segera mengerjakan PR sastra sebelum datang pekerjaan yang lain. Saya asyik dengan pikiran sendiri ketika guru menerangkan sastra di kelas. Saya suka membaca buku sastra. …. | | | | | |
Keterangan : SS = sangat sering, S = sering, KK = kadang-kadang, J = jarang, TP = tidak pernah.
Perhatikan contoh tes minat lainnya berikut ini.
CONTOH TES MINAT PESERTA DIDIK
TERHADAP MATA PELAJARAN
NO. | PERNYATAAN | SL | SR | JR | TP |
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. | Saya Senang mengikuti pelajaran ini. Saya rugi bila tidak mengikuti pelajaran ini. Saya merasa pelajaran ini bermanfaat. Saya berusaha menyerahkan tugas tepat waktu. Saya berusaha memahami pelajaran ini. Saya bertanya kepada guru bila ada yang tidak jelas Saya mengerjakan soal-soal latihan di rumah. Saya mendiskusikan materi pelajaran dengan teman sekelas. Saya berusaha memiliki buku pelajaran ini. Saya berusaha mencari bahan pelajaran di perpustakaan | | | | |
Keterangan : SL = selalu, SR = sering, JR = jarang, TP = tidak pernah.
Keterangan : Dari 4 kategori: skor terendah 10, skor tertinggi 40.
33- 40 Sangat berminat
25- 32 Berminat
17- 24 Kurang berminat
10- 16 Tidak berminat
Sumber : Panduan Penulisan Butir Soal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar