Rabu, 16 Mei 2012

Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa


Film animasi selalu mengingatkan kita pada masa kecil. Ketika kita selalu duduk manis menunggu film kartun kesayangan ditayangkan di televisi. Lalu, keesokan harinya sibuk bercerita dengan teman-teman tentang film kartun tersebut. Hingga kini beranjak remaja pun, film animasi masih menjadi favorit bagi sebagian kita.

Inilah film animasi terbaik sepanjang masa versi IniOke.com :


The Simpsons Movie
The Simpsons merupakan film serial animasi televisi Amerika yang digarap oleh Matt Groening dan diproduksi oleh Gracie Films, 20th Century Fox Television. Film ini bergenre animasi, komedi, dan satir. Dalam film The Simpsons, kita terhibur dengan aksi yang berisi lelucon budaya Amerika oleh Homer, Marge, Bart, Lisa, dan Maggie. Film ini berlokasi di kota fiksi Springfield.

Pernahkah kamu menghitung jumlah episodenya? Ternyata The Simpsons tayang sebanyak 465 episode. The Simpsons yang pertama kali tayang pada 17 Desember 1989 ini diprodusedi oleh James L. Brooks, Matt Groening dan Al Jean.

Film ini memenangkan penghargaan, seperti Primetime Emmy Awards, Annie Awards, dan Peabody Award. Time memasukkan Bart Simpson dalam Time 100, orang yang paling berpengaruh abad ini. Masih banyak penghargaan yang diraihnya, seperti 100 Greatest Cartoon 2005, 100 Greatest Kid's TV Shows 2001, dan lainnya.

The Animaniacs
Masih ingatkan kamu dengan tokoh Brain, Yakko, Dot, Wakko, dan Pinky? Ya, dalam theme song nya mereka menyanyikan "Kami Animaniacs, hadir menghibur Anda...."

Film Animaniacs ini didistribusikan oleh Warner Bros dan diproduksi oleh Steven Spielberg. The Animaniacs tayang pertama kali pada 13 September 1993 hingga 14 November 1998. The Animaniacs ditonton oleh sebagian besar anak-anak berusia 2 hingga 11 tahun. Film animasi komedi, satir, dan variety show ini tayang selama lima musim dan 99 episode.

Banyak penghargaan yang diraihnya. Sebut saja Peabody Award. Animaniacs menjadi dua nominasi dalam Annie Award 1995, yaitu untuk kategori "Outstanding Achievement in Music Direction and Composition" dan "Outstanding Original Song". Animaniacs juga memenangkan Daytime Emmy Award untuk "Outstanding Music Direction and Composition" (untuk episode "The Brain’s Apprentice").

Rugrats
Rugrats merupakan film animasi Amerika yang dibuat oleh Arlene Klasky, Gábor Csupó, dan Paul Germain untuk Nickelodeon. Serial Rugrats tayang perdana pada 11 Agustus 1991 dan sampai pada episode terakhirnya pada 8 Juni 2004.

Rugrats tayang selama sembilan musim dan 173 episode. Ceritanya berfokus pada empat bayi yang selalu bersama sehingga mendapatkan pengalaman dan petualangan dalam imajinasi bayinya.

Rugrats berhasil memenangkan setidaknya 16 penghargaan, seperi Daytime Emmy Award, Kid's Choice Awards, Genesis Award, Humanitas Priza, World Animation Celebration, TV Guide Award, dan masuk daftar nominasi dalam beberapa penghargaan lainnya.

Bambi
Bambi merupakan film kartun klasik Amerika Serikat yang diproduksi Walt Disney, dan pertama kali diputar di bioskop oleh RKO Radio Pictures pada 13 Agustus 1942. Film ini merupakan film animasi kelima dari rangkaian Film Animasi Klasik Walt Disney. Kisahnya diangkat dari buku Bambi, A Life in the Woods oleh pengarang Austria Felix Salten. Tokoh utama adalah rusa berekor putih (Odocoileus virginianus) bernama Bambi.

Film Bambi menjadi warisan budaya Amerika oleh The US National Film Registry pada Januari 2012 lalu. Pustakawan dari Perpustakaan Nasional, James Billington mengatakan, film-film ini dipilih karena benar-benar mencerminkan budaya Amerika.

Toy Story 3
Toy Story 3 memenangkan beberapa penghargaan di antaranya dua Piala Oscar untuk Best Picture dan Best Animated Feature. Film “Toy Story 3 merupakan film terlaris pada 2010 dan mendapat keuntungan US$1,06 miliar atau Rp8.8 triliun diseluruh dunia dan US$415 juta di Amerika Serikat sejak diluncurkan Juni tahun lalu.
Film produksi Pixar berikutnya yang sukses dipasaran adalah Toy Story 3 yang merupakan sekuel Toy Story dan Toy Story 2. Toy Story 3 dirilis tahun 2010. Toy Story 3 menceritakan petualangan Woody, Buzz Light Year dan teman-temannya dalam mencari pengganti Andy yang beranjak remaja dan akan masuk kuliah.

Up
Up juga merupakan film animasi produksi Pixar yang sukses di pasar. Film Up diluncurkan tahun 2009 dan mendapat lima penghargaan dari Academy Award sebagai Best Picture, Best Animated Feature dan Best Original Score. Film ini bergenre petualangan komedi yang menceritakan seorang duda tua Carl dan seorang bocah petualang, Russell, yang pergi ke Amerika Selatan dengan rumah yang mengambang.
Film petualangan produksi Disney/Pixar meraih penghargaan film animasi terbaik Oscar Minggu waktu setempat. Oscar untuk "Up" menjadikan Pixar Animation Studios, yang dibeli dari Walt Disney Co tahun 2006, terdepan dalam animasi dengan lima Oscar sejak penghargaan pertama diberikan tahun 2002. Tahun 2010 lalu, Up menang film terbaik Annie Award (penghargaan untuk industri film animasi) dan juga memperoleh Golden Globe.

Wall E
Wall E adalah film animasi produksi Pixar yang sukses diluncurkan tahun 2008. Wall E film bergenre petualangan masa depan yang menceritakan sebuah robot pembersih sampah di Bumi yang jatuh cinta pada Eve, robot yang dikirim untuk mencari tanda-tanda vegetasi di Bumi. Film ini sangat futuristik dan menerima beberapa penghargaan diantaranya dari Academy Award, Saturn Award, dan Golden Globe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar