Minggu, 20 November 2011

Hasil PTK : Meletakkan Dasar-dasar Pengalaman Konsep Matematika melalui Permainan Praktis di Kelompok Bermain


Dalam pembelajaran matematika,  guru sering menemui kesulitan untuk  memperkenalkan konsep matematika pada anak usia dini khususnya untuk anak kelompok bermain yang rata – rata berusia antara 3-4 tahun di Kelompok Bermain TKK BPK PENABUR, Kota Modern, Tangerang.  Anak masih kesulitan untuk memahami konsep secara abtrak.  Dengan berfokus pada masalah tersebut,  Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini mencoba memecahkan kesulitan itu dengan   cara memberikan permainan  praktis dan sederhana. PTK yang dilakukan selama dua siklus, Oktober 2009 - Januari 2010, menunjukkan bahwa tehnik permainan dapat mengatasi kesulitan anak dalam mengenal konsep matematika. Diharapkan dalam memperkenalkan konsep matematika pada anak kelompok bermain diberikan dengan cara bermain atau kegiatan yang bervariasi, menyenangkan, rileks dan juga bermakna. Dalam metode bermain guru perlu menyediakan alat permainan yang menarik, bervariasi, sederhana dan dalam jumlah yang  cukup sehingga anak dapat mencoba dan bermain dengan senang tanpa harus menunggu terlalu lama.

Artikel Selengkapnya dapat dilihat [di sini]

Sumber : Jurnal Penabur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar