Minggu, 20 November 2011

Hasil PTK : Penggunaan Metode Scramble pada Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa


Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan, guru harus memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial. Kompetensi tersebut terwujud dalam bentuk penguasaan pengetahuan dan profesional dalam menjalankan fungsinya sebagai guru sekaligus fasilitator. Pengalaman sebagai seorang guru fisika, penulis merasakan kendala yang besar dalam  memfasilitasi siswa agar dapat memahami fisika dengan baik. Seringkali hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan harapan. Salah satu kendala yang dirasakan penulis adalah rendahnya minat dan motivasi belajar siswa terhadap pelajaran fisika. Untuk mengatasi masalah ini, penulis mencoba melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan salah satu metode pembelajaran yaitu Scramble pada saat penulis menjelaskan materi Getaran dan Gelombang pada siswa kelas VIII SMPK BPK PENABUR Cimahi dalam Januari-Februari 2009. Dari hasil penelitian penulis, metode ini cukup efektif dalam meningkatkan motivasi dan minat siswa sehingga hasil belajarnya lebih baik.

Artikel Selengkapnya dapat dilihat [di sini]

Sumber : Jurnal Penabur

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar