Senin, 25 Juni 2012

INDIKATOR PEMENUHAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP) PADA JENJANG SD/MI - STANDAR PENILAIAN



No
Komponen
Sub Komponen
Indikator Esensial
1
Teknik, mekanisme dan prosedur penilaian

1.1. Teknik-teknik penilaian

1.1.1.Guru membuat rancangan penilaian yang menggunakan berbagai teknik penilaian, missal tes untuk prestasi belajar,  pengamatan untuk perilaku,  lembar penilaian untuk proses pencapaian kompetensi


1.2. Prosedur penillaian
1.2.1.Guru menyusun instrumen yang memenuhi syarat substansi, konstruksi, dan bahasa



1.2.2.Satuan pendidikan melakukan validitas empiric  terhadap instrument  penilaian



1.2.3. Satuan pendidikan memiliki instrumen yang berkualitas
2
Pelaksanaan penilaian
2.1. Penilaian oleh pendidik
2.1.1. Siswa menerima informasi hasil ulangan harian



2.1.2.Guru menyampaikan hasil penilaian akhir kepada peserta didik dalam bentuk satu nilai disertai deskripsi




2.1.3.Guru memberikan remidi pada siswa yang belum mencapai KKM



2.1.4.Guru menggunakan berbagai teknik penilaian untuk menilai hasil belajar kognitif, keterampilan, dan afektif



2.1.5.Guru menggunakan berbagai teknik untuk menilai hasil belajar kognitif siswa



2.1.7.Guru mengolah/ menganalisis hasil penilaian untuk mengetahui kemajuan dan kesulitan belajar siswa



2.1.8. Guru memanfaatkanhasilpenilaian



2.1.9.Setiap akhir semester, guru melaporkan hasil penilaian



2.1.10.Guru melaporkan hasil penilaian akhlak kepada guru agama



2.1.11.Guru melaporkan hasil penilaian kepribadian kepada guru PKN


2.2. Penilaian oleh sekolah
2.2.1. Satuan pendidikan mengadakan rapat dewan guru untuk menentukan nilai akhir peser tadidik (termasuk kenaikan kelas dan kelulusan)



2.2.2.Satuan pendidikan melaksanakan: criteria kenaikan kelas, KKM



2.2.3. Satuan pendidikan melaporkan hasil penilaian setiap akhir  semester kepada semua orang tua/wali siswa.


2.3. Penilaian oleh Pemerintah
2.3.1.Satuan pendidikan memanfatkan hasil UN untuk seleksi masuk,



2.3.2. Satuan pendidikan memiliki rata-rata UN  setinggi  UN  SSN



2.3.3. Satuan pendidikan memanfaatkan hasil analisis daya serap
3
Pemantauan penilaian yang berkualitas dan tindaklanjutnya
3.1.Pemantauan penilaian yang berkualitas
3.1.1.Pemantauan terahadap kualitas soal



3.1.2.Pemantauan terhadap pelaksanaan ujian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar