No | Komponen | Sub Komponen | Indikator Esensial |
1 | Perencanaan Program | 1.1 Sosialisasi visi, misi dan tujuan sekolah | 1.1.1 Sosialisasi visi, misi dan tujuan sekolah dilakukan kepada semua warga sekolah. |
| | | 1.1.2 Warga sekolah memahami visi, misi dan tujuan sekolah |
| | | 1.1.3 Sosialisasi KTSP sekolah dilakukan kepada semua warga sekolah |
| | 1.2 Kepemilikan rencana kerja sekolah | 1.2.1 Sekolah memiliki dokumen rencana kerja sekolah dalam bentuk RKS (Rencana Kerja Sekolah 4-tahunan) dan RKA-S (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) atau rencana kerja tahunan) |
| | | 1.2.2 Penyusunan rencana kerja sekolah (RKS) memperhatikan pertimbangan Komite Sekolah, disetujui oleh Dewan Pendidik, dan disahkan berlakunya oleh Dinas Pendidikan kab/kota atau oleh penyelenggara sekolah bagi sekolah swasta |
| | | 1.2.3 Rencana kerja sekolah mendukung pengembangan karir guru |
| | 1.3 Program peningkatan mutu sekolah | 1.3.1 Sekolah melaksanakan program peningkatan mutu sekolah |
| | | 1.3.2 Penyusunan program peningkatan mutu sekolah mendasarkan pada: hasil evaluasi diri, hasil akreditasi sekolah, dan hasil kelulusan siswa. |
2 | Pelaksanaan Rencana Kerja | 2.1 Realisasi visi dan misi ke dalam rencana kerja sekolah | 2.1.1 Sekolah merealisasikan visi dan misi ke dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran, pengelolaan PTK, dan Pelaksanaan kegiatan kesiswaan. |
| | 2.2 Sekolah menyusun pedoman pengelolaan sekolah | 2.2.1 Sekolah menyusun pedoman-pedoman pengelolaan sekolah |
| | 2.3 Sekolah menciptakan lingkungan yg kondusif untuk kegiatan pembelajaran | 2.3.1 Budaya dan lingkungan sekolah kondusif untuk pembelajaran. |
| | 2.4 Sekolah menyediakan akses laporan pengelolaan keuangan sekolah secara transparan dan akuntabel | 2.4.1 Warga sekolah dapat mengakses laporan pengelolaan keuangan sekolah secara transparan dan akuntabel |
| | 2.5 Sekolah menjalin kemitraan dengan lembaga lain | 2.5.1 Sekolah menjalin kemitraan dengan lembaga lain untuk mendukung implementasi rencana kerja sekolah |
3 | Pengawasan dan Evaluasi | 3.1 Sekolah melakukan evaluasi rencana kerja sekolah 2 kali setahun | 3.1.1 Sekolah melakukan evaluasi rencana kerja sekolah minimal 1 kali per tahun |
| | | 3.1.2 Program supervisi dan evaluasi meliputi: pemantauan, evaluasi dan tindak lanjut |
| | 3.2 Sekolah melakukan sosialisasi hasil pelaksanaan program sekolah | 3.2.1 Sekolah mensosialisasikan laporan hasil pelaksanaan program sekolah |
| | | 3.2.2 Sekolah melakukan tindak lanjut hasil evaluasi pelaksanaan program/kegiatan sekolah. |
| | 3.3 Kepala sekolah melakukan evaluasi pendayagunaan pendidik | 3.3.1 Sekolah melakukan evaluasi pendayagunaan pendidik pada setiap akhir semester |
| | | 3.3.2 Sekolah melakukan evaluasi pendayagunaan tenaga kependidikan pada setiap akhir semester |
| | 3.4 Sekolah sudah melakukan akreditasi sesuai dengan peraturan yang berlaku | 3.4.1 Sekolah mengikuti akreditasi oleh BAN-SM untuk menentukan status akreditasi sekolah |
| | 3.5 Pelibatan /Partisipasi Warga sekolah | 3.5.1 Guru dilibatkan dalam perumusan visi, misi dan tujuan, serta penyusunan rencana kerja sekolah. |
| | 3.6 Kepala sekolah menerapkan kepemimpinan yang efektif | 3.6.1 Sesuai kompetensinya kepala sekolah dapat dijadikan teladan bagi semua warga sekolah |
| | | 3.6.2 Kepemimpinan sekolah mampu menerapkan cirri-ciri kepemimpinan yang efektif. |
4 | Sistem informasi manajemen | 4.1 Sekolah menerapkan sistem informasi manajemen yang mudah diakses olehwarga sekolah | 4.1.1 Warga sekolah, mudah mengakses informasi dan pengaduan terkait dengan pengelolaan sekolah. |
Senin, 25 Juni 2012
INDIKATOR PEMENUHAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP) PADA JENJANG SD/MI - STANDAR PENGELOLAAN
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar