Senin, 25 Juni 2012

INDIKATOR PEMENUHAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP) PADA JENJANG SD/MI - STANDAR KOMPETENSI LULUSAN



No
Komponen
Sub Komponen
Indikator Esensial
1
Cerdas, berpengetahuan, berkepribadian, berakhlak mulia, serta siap hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut
1.1       Percaya diri dan bertanggung
1.1.1 Siswa memperoleh pengalaman belajar untuk menumbuhkan dan mengembangkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab

1.2       Biasa berbagai sumber belajar
1.2.1  Siswa memperoleh pengalaman belajar melalui program pembiasaan untuk mencari informasi/ pengetahuan lebih lanjut dari berbagai sumber belajar


1.3       Berprestasi
1.3.1   Sekolah memiliki prestasi yang ditunjukkan dengan tingkat  kelulusan dan rata-rata nilai US/UN yang tinggi


1.4       Produktif dan bertanggung jawab
1.4.1  Siswa memperoleh pengalaman belajar untuk mengenal pemanfaatan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab


1.5       Biasa hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan sportif
1.5.1   Siswa memperoleh pengalaman belajar yang menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar dan aman


1.6       Siap melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih
1.6.1   Siswa memperoleh pengalaman belajar agar mampu menguasai pengetahuan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi


1.7       Berkomunikasi secara efektif dan santun
1.7. Siswa memperoleh pengalaman dalam berkomunikasi baik lisan maupun tulisan secara efektif dan santun
2
Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia
2.1    Melaksanakan ajaran agama
2.1. Siswa memperoleh pengalaman belajar untuk melaksanakan ajaran agama dan akhlak mulia


2.2    Berakhlak mulia
2.2. Siswa memiliki pengetahuan, sikap, dan perilaku yang baik setelah belajar akhlak mulia sesuai ajaran agama yang dianutnya
3
Memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air
1.1    Menghargai keberagaman
3.1. Siswa memperoleh pengalaman belajar untuk menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi.


1.2    Menegakkan aturan
3.2. Siswa memperoleh pengalaman belajar untuk berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial.


1.3    Bekerjasama dan tolong-menolong
3.3.1   Siswa memperoleh pengalaman belajar bekerjasama dalam kelompok, tolong-menolong dan menjaga diri sendiri dalam lingkungan keluarga dan teman sebaya (hanya untuk SD).


1.4    Berpartisipasi siswa dalam kehidupan bermasyarakat
3.4.1   Siswa memperoleh pengalaman belajar yang dapat melibatkan partisipasi siswa dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis dalam wadah NKRI.


1.5    Cinta dan bangga terhadap bangsa, negara dan tanah air Indonesia
3.5. Siswa memperoleh pengalaman belajar yang dapat menunjukkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa, negara dan tanah air Indonesia.
4
Berfikir logis dan analisis
4.1    Belajar iptek secara efektif
4.1. Siswa memperoleh pengalaman belajar iptek secara efektif.


4.2    Mengenali dan menganalisis gejala alam dan social

4.2. Siswa memperoleh pengalaman belajar untukmengenali dan menganalisis gejala alam dan sosial.
5
Memiliki rasa seni dan memahami budaya
5.1    Mengekspresikan seni dan budaya
5.1.1   Siswa memperoleh pengalaman mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya.
6
Sehat jasmani dan rohani serta sportif
6.1    Bugaran jasmani serta  hidup sehat
6.1. Mengembangkan dan memelihara kebugaran jasmani serta pola hidup sehat


6.2    Menjaga tubuh serta lingkungan
6.2. Siswa memahami perawatan tubuh serta lingkungan, mengenal berbagai penyakit dan cara pencegahannya serta menjauhi narkoba


Tidak ada komentar:

Posting Komentar