Rambu-rambu merumuskan visi sekolah:
- mengacu kepada landasan filosofis bangsa, UUD, dll yang bersifat baku dan telah menjadi pegangan hidup bangsa Indonesia
- mengacu visi umum pendidikan yaitu dengan rumusan: “Terwujudnya Insan Kamil”
- memiliki indikator pengembangan prestasi akademik dan non akademik
- berkepribadian, nasionalisme, budaya-nasional/Indonesia
- perkembangan era global
- perkembangan IPTEK
- dilandasi oleh keimanan dan ketaqwaan
- sesuai konteks daerah, sekolah, visi yayasan
- belum operasional
- menggambarkan harapan masa datang
- dan sebagainya
Indikator-indikator VISI sekolah, misalnya:
- Indikator: ciri, tanda, unsur yang ada, spesifikasi, dsb
- Rambu-rambu: kata yang mengandung apa yang diharapkan, ada proses kenaikan, adanya perbandingan (unggul/kompetitif), konotasi sempurna, canggih, komplit, bermutu tinggi, dsb.
- Misalnya dengan awalan kata : “Terwujudnya”, “Terpenuhi”, “Teselenggara”, dll yang sejenis
Contoh rumusan indikator visi:
- Terwujudnya lulusan yang cerdas, kompetitif, cinta tanah air, beriman, dan bertaqwa
- Terwujudnya KTSP di sekolah
- Terwujudnya standar proses pembelajaran yang efektif dan efisien
- Terwujudnya standar prasarana dan sarana pendidikan yang relevan dan mutakhir
- Terwujudnya standar tenaga pendidik dan kependidikan
- Terwujudnya standar pengelolaan pendidikan
- Terwujudnya standar penilaian pendidikan
- Terwujudnya penggalangan biaya pendidikan yang memadai
- Terwujudnya budaya mutu sekolah
- Terwujudnya lingkungan sekolah yang nyaman, aman, rindang, asri, bersih, dll
- Dsb.
Misi mengacu kepada indikator, satu (1) indikator bisa lebih dari satu misi, ada benang merahnya dengan misi, redaksinya operasional, terukur, kata kerja, dll, misalnya dengan kata “mewujudkan”, “memenuhi”, dan sebagainya. Mengacu indikator butir (b) tentang: “Terwujudnya KTSP Sekolah” , maka rumusan misinya antara lain:
- Mewujudkan Dokumen-1 atau Buku-1 KTSP
- Mewujudkan silabus semua mata pelajaran dan untuk semua jenjang/kelas/tingkatan
- Mewujudkan RPP semua mata pelajaran dan untuk semua tingkatan
- Mewujudkan perangkat kurikulum yang lengkap, mutakhir, dan berwawasan kedepan
- Mewujudkan diversifikasi kurikulum SMP agar relevan dengan kebutuhan, yaitu kebutuhan peserta didik, keluarga, dan berbagai sektor pembangunan dan sub-sub sektornya.
- Dan sebagainya sesuai dengan kondisi dan tuntutan sekolah masing-masing
Contoh lain:
- Mewujudkan sekolah inovatif
- Mewujudkan organisasi sekolah yang terus belajar (learning organization)
- Mewujudkan fasilitas sekolah yang relevan, mutakhir, dan berwawasan kedepan
- Mewujudkan pembiayaan pendidikan yang memadai, wajar dan adil
- Mewujudkan pendidik dan tenaga kependidikan yang mampu dan tangguh
- Mewujudkan manajemen berbasis sekolah yang tangguh
- Mewujudkan kemampuan olah raga yang tangguh dan kompetitif
- Mewujudkan sekolah wiyata mandala yang menikmatkan belajar siswannya
- Mewujudkan sekolah sehat
- Mewujudkan kemampuan seni yang tangguh dan kompetitif
- Mewujudkan kepramukaan yang menjadi suri tauladan
- Mewujudkan kemampuan KIR yang cerdas dan kompetentitif
- Mewujudkan nilai-nilai agama bagi kenikmatan hidup peserta didik
- Mewujudkan keterampilan kejuruan yang marketable dan kompetif
- Mewujudkan nilai-nilai solidaritas bagi kehidupan sekolah
- Dan sebagainya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar