1. Prinsip dasar bangsa Indonesia sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat dituangkan dalam bentuk ....
a. Batang Tubuh UUD 1945
b. Penjelasan UUD 1945
c. Pembukaan UUD 1945 alinea ketiga
d. Pembukaan UUD 1945 alinea keempat
Sumber: Ujian Nasional SMP 2003
2. Cara mensyukuri nikmat karunia Tuhan berupa kemerdekaan RI adalah .…
a. merayakan peringatan kemerdekaan secara semarak
b. mengisi kemerdekaan dengan berbagai aktivitas setiap hari
c. menekuni berbagai aktivitas yang dapat dilakukan seusiamu
d. mengisi kemerdekaan dalam bentuk kegiatan yang diridhoi–Nya
Sumber: Ujian Nasional SMP 2003
3. Janji Jepang untuk memberikan kemer dekaan bagi Indonesia pada 7 September 1944 dikemukakan oleh ....
a. Perdana Menteri Koiso
b. Kaisar Hirohito
c. Laksamana Maeda
d. Jenderal Terauchi
4. Berikut merupakan contoh perilaku yang menggambarkan rasa cinta tanah air, adalah ….
a. petinju profesional berjuang untuk menjadi juara
b. pemain bulu tangkis berjuang mem pertahankan Thomas Cup
c. penonton sepak bola fanatik mendukung tim kesayangannya
d. petenis mengikuti kejuaraan internasional
Sumber: Ujian Nasional SMP 2003
5. Tokoh yang tidak ikut serta mengajukan usulan dasar negara, yaitu ....
a. Soekarno
b. Moh. Yamin
c. Drs. Moh. Hatta
d. Soepomo
6. Hukum yang berlaku dalam suatu negara saat ini disebut hukum .…
a. positif
b. pidana
c. asasi
d. subjektif
7. Untuk menarik hati rakyat Indonesia dalam melawan Sekutu, Jepang memberi izin kepada rakyat Indonesia untuk ....
a. membentuk organisasi politik
b. mengibarkan bendera merah putih
c. mengikuti latihan kemiliteran
d. mengadakan rapat umum
8. Menjalin persatuan dan kesatuan bangsa dalam ke hidupan bermasyarakat berguna untuk meng hindari ....
a. perpecahan dalam masyarakat
b. pendapat masyarakat yang berbeda
c. kebhinnekatunggalikaan bangsa
d. perbedaan-perbedaan suku dan agama
9. Seseorang yang melanggar norma kesusilaan akan ….
a. hukuman denda
b. mendapatkan hukuman penjara
c. dikucilkan masyarakat
d. merasakan penyesalan
10. Berikut bukan nilai luhur pahlawan yang harus diteladani, yaitu ....
a. semangat pantang menyerah
b. tahan uji dan penderitaan
c. cinta tanah air dan rela berkorban
d. sikap pamrih meminta kedudukan
11. Divide et impera adalah politik yang dilaku kan bangsa Belanda untuk ….
a. mempersatukan bangsa Indonesia
b. membangkitkan semangat bekerja
c. memecah belah bangsa Indonesia
d. mempersatukan kerajaan nusantara
12. Contoh dari pelaksanaan norma kesopanan di masyarakat, yaitu ....
a. menggunakan tangan kanan saat menerima sesuatu
b. menggunakan helm saat berkendaraan roda dua
c. melaksanakan ibadah tepat waktu
d. selalu berkata jujur dalam setiap tindakan
13. Perikebangsaan, perikemanusiaan, periketuhanan, perikerakyatan, dan kesejahteraan sosial adalah isi dasar negara menurut ....
a. Mr. Soepomo
b. Moh. Yamin
c. Ir Soekarno
d. Drs. Moh. Hatta
14. Salah satu ciri kesadaran hukum yang tinggi dalam masyarakat, yaitu ....
a. banyaknya tindakan main hakim sendiri
b. tingginya pengetahuan masyarakat tentang hukum
c. tidak terjadinya pelanggaran hukum
d. kepatuhan pada hukum
15. Perubahan BPUPKI menjadi PPKI memperlihatkan ….
a. tokoh proklamasi mengkhianati perjanjian dengan Jepang
b. keinginan bangsa Indonesia untuk terlepas dari pengaruh Jepang
c. adanya kepentingan politik yang menguntungkan sekelompok orang
d. bangsa Indonesia mempersiapkan diri untuk menerima hadiah kemerdekaan
16. Menurut isinya, hukum dibagi menjadi ....
a. hukum tertulis dan tidak tertulis
b. hukum privat dan publik
c. hukum nasional dan internasional
d. hukum formil dan materil
17. Teks Proklamasi disusun dengan mengatasnamakan bangsa Indonesia. Kemudian, ditandatangani oleh Soekarno-Hatta. Hal ini diusulkan oleh ....
a. Ahmad Subardjo
b. Sayuti Melik
c. Sukarni
d. Syahrir
18. Menurut Plato, hukum adalah ....
a. sistem peraturan-peraturan yang teratur dan tersusun baik yang mengikat masyarakat
b. sesuatu yang berlaku di suatu masyarakat untuk mengatur tata tertib masyarakat tersebut berdasarkan kekuasaan yang ada pada masyarakat
c. peraturan atau kumpulan peraturan yang terdiri atas norma dan sanksi
d. aturan tingkah laku para anggota masyarakat yang daya penggunaannya pada saat tertentu diindahkan oleh masyarakat
19. Proklamasi membuat perubahan dari hukum kolonial menjadi hukum nasional. Hal ini memosisikan proklamasi sebagai .…
a. sumber dari segala sumber hukum
b. perjanjian luhur bangsa
c. dasar negara
d. sumber tertib hukum nasional
20. Dalam kehidupan di masyarakat, norma tidak berfungsi sebagai ....
a. alat dan ketertiban
b. sarana untuk mewujudkan keadilan
c. sarana hukum bagi pelanggan
d. pengawasan bagi aparat penegak hukum
21. Manakah contoh sikap seseorang yang bangga berbangsa dan bertanah air Indonesia dalam pergaulan kehidupan sehari-hari
a. hanya menggunakan bahasa Indonesia dalam setiap kesepakatan berkomunikasi dengan siapapun
b. sering melakukan kegiatan-kegiatan sosial demi kemajuan bangsa dan negara dimanapun dia berada
c. selalu menggunakan barang buatan bangsa dan negara sendiri bila dihadapkan kepada beberapa pilihan
d. menggunakan barang-barang produksi
dalam negeri untuk konsumsi sehari-hari
Sumber: Ujian Nasional SMP 2002
22. Sikap yang menunjukkan bela negara dilingkungan dapat diwujudkan dengan cara ....
a. mempelajari peraturan perundanganundangan yang berlaku
b. mengetahui hak dan kewajiban warga negara yang baik
c. menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan
d. saling menghormati antarwarga masya rakat
Sumber: Ujian Nasional SMP 2002
23. Contoh sikap cinta persatuan dan kesatuan di dalam kehidupan sehari-hari adalah ....
a. menerima semua bentuk perlakuan orang lain
b. menolak setiap gagasan dari tetangga
c. tidak mendukung adanya perpecahan
d. membiarkan pertikaian antarwarga
Sumber: Ujian Nasional SMP 2002
24. Tujuan diberlakukannya hukum adalah ....
a. membela orang yang sedang berperkara di pengadilan
b. menciptakan ketertiban
c. memberikan hukuman yang seberatberatnya kepada sikap pelanggaran
d. menciptakan kerja sama yang baik antara kepolisian, jaksa dan hakim
Sumber: Ujian Nasional SMP 2002
25. Sifat-sifat norma
I. 1. fleksibel III. 1. memaksa
2. mengikat 2. luwes
3. tertulis 3. tertulis
II. 1. memaksa IV. 1. mengikat
2. mengikat 2. sanksinya tegas
3. kaku 3. toleran
Kelompok peryataan yang menunjukan perbedaan antara sifat norma hukum dengan norma agama, kesusilaan dan kesopanan adalah nomor ....
a. IV c. II
b. III d. I
Sumber: Ujian Nasional SMP 2002
26. Salah satu akibat yang akan timbul jika seorang siswa tidak mau mematuhi peraturan sekolah adalah ....
a. timbulnya keresahan guru dan orangtua
b. terganggunya ketertiban masyarakat
c. tidak dapat belajar dengan tertib dan tenang
d. terciptanya suasana gaduh dalam kelas
Sumber: Ujian Nasional SMP 2002
27. Karena kita menginginkan ketertiban dan kedamaian dalam masyarakat, maka kita sadar untuk mengindahkan nilai-nilai dan norma-norma ....
a. agama, kesusilaan, dan budaya
b. kesusilaan, budaya, dan hukum
c. agama , budaya, dan hukum
d. kesusilaan, agama, dan hukum
Sumber: Ujian Nasional SMP 2002
28. Badan penegak hukum yang bertugas melakukan penuntutan dalam sidang pengadilan adalah ....
a. jaksa
b. pembela
c. hakim
d. panitera
Sumber: Ujian Nasional SMP 2003
29. Perhatikan pernyataan berikut.
1. menuruti nasihat orangtua
2. mematuhi rambu-rambu lalu lintas
3. minta maaf jika melakukan kesalahan
4. membayar pajak pada waktunya
5. berpakaian secara sopan
6. membuang sampah pada tempatnya
Dari pernyataan di atas, contoh perbuatan yang sesuai dengan norma hukum adalah ....
a. 2, 4 dan 6
b. 1, 2, dan 5
c. 3, 5 dan 6
d. 1, 2 dan 4
Sumber: Ujian Nasional SMP 2004
30. Dalam masyarakat terdapat berbagai norma. Sikap kita terhadap norma yang berlaku dalam masyarakat adalah ....
a. menghayati norma yang berlaku
b. menunjukan norma itu pada masyarakat umum
c. mematuhi norma dengan rasa tanggung jawab
d. mempelajari norma yang ada di masyarakat
Sumber: Ujian Nasional SMP 2005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar