Sabtu, 15 Oktober 2011

SOAL IPA SMP KELAS IX : SISTIM KORDINASI DAN KELANGSUNGAN HIDUP

Bab 3 Sistem Koordinasi Regulasi, dan Indera Manusia
Reviu Perbendaharaan Kata
Pasangkan Kata-kata Kunci IPA berikut (tidak semua kata kunci digunakan) dengan pernyataan di bawahnya.
a. neuron
b. dendrit
c. akson
d. sinaps
e. cerebrum (otak besar)
f. cerebellum (otak kecil)
g. hipofisis
h. pupil
i. papila
j. koklea
k. ayan
l. diabetes
1. sel saraf disebut juga
2. bagian neuron yang menerima pesan dari neuron tetangganya.
3. bagian dari neuron yang berfungsi mengirim pesan ke neuron-neuron sekitar atau ke organ tubuh.
4. celah kecil antara akson suatu neuron dengan dendrit dari neuron tetangga.
5. bagian otak yang mengontrol pikiran, nalar, dan indera.
6. kelenjar hormon yang mampu mengatur kelenjar hormon yang lain.
7. kuncup pengecap lidah
8. penyakit kencing manis
Pengecekan Konsep
1. Tubuhmu mengandung berjuta-juta sel saraf yang disebut ...
a. akson
b. neuron
c. dendrit
d. nefron
2. Ujung sel saraf becabang-cabang dan disebut ...
a. akson
b. nefron
c. dendrit
d. neuron
3. Susunan saraf pusat terdiri dari organ berikut ini kecuali ...
a. otak dan sumsum tulang belakang
b. otak besar dan otak kecil
c. saraf tepi dan otak besar
d. otak kecil dan saraf tepi.
4. Bagian tulang pendengaran yang terdekat dengan selaput gendang ..
a. martil
b. landasan
c. sanggurdi
d. incus
Pemahaman Konsep
1. Jelaskan apa fungsi utama sistem koordinasi
2. Sebutkan secara urut jalur perjalanan arah rangsang sampai bisa kita rasakan.
3. Jelaskan apa yang dimaksud denganpenyakit gigantisme.
4. Jelaskan bagaimana proses melihat!
5. Mengapa ketika selesma, kita kurang berselera makan?
1. Ada satu penyakit yang bernama “epilepsi” atau penyakit ayan. Bila penderita terjangkit penyakit ini, tubuhnya kejang-kejang tidak teratur. Otak bagian manakah yang mengalami gangguan akiba penyakit tersebut?
2. Fakta menyebutkan bahwa sel maupun jaringan saraf sulit bahkan tidak bisa melakukan regenerasi bila terjadi kerusakan. Apa yang bisa kamu prediksi apa bila ada seseorang yang jatuh terduduk dan kemudian saraf kemaluannya terputus?
Berfikir Kritis
1. Menemukan ide-ide pokok. Buatlah daftar nomor halaman yang memuat ide-ide pokok berikut. Selanjutnya jelaskan tiap-tiap ide pokok tersebut.
a. Bagian utama sistem saraf.
b. Bentuk sebuah neuron
c. Peran hipofisis pada pertumbuhan
d. Goiter akibat kekurangan iodium
e. Lidah mempunyai kuncup pengecap
f. Bagian pengatur keseimbangan tubuh
g. Lapisan kulit letak ujung-ujung saraf
2. Membuat tabel. Buatlah sebuah tabel yang menunjukkan perbandingan cara
kerja sistem saraf dengan sistem hormon.
3. Menangani informasi. Bacalah informasi tentang kelainan atau gangguan pada sistem hormon manusia, lalu tulislah secara singkat informasi tersebut.

Bab 4 Kelangsungan Hidup Organisme
Reviu Perbendaharaan Kata
Pasangkan Kata-kata Kunci IPA berikut (tidak semua kata kunci digunakan) dengan pernyataan di bawahnya.
a. reproduksi aseksual
b. kloning
c. ADN
d. embrio
e. pembuahan
f. meiosis
g. mitosis
h. sel kelamin
i. adaptasi
j. keanekaragaman hayati
k. seleksi alam
l. reproduksi
1. bertambah banyaknya individu suatu spesies untuk mempertahankan jenisnya.
2. hasil peleburan sel telur dan sperma
3. pembelahan sel untuk membentuk sel kelamin
4. perkembangbiakan individu yang tidak melibatkan peleburan sel kelamin
5. materi genetik yang menurunkan sifat satu sel ke sel anaknya.
6. kemampuan makhluk hidup menyesuaiakan diri terhadap lingkungan
7. pembelahan sel yang terjadi pada sel tubuh
8. pembentukan sel-sel secara invitro yang memiliki sifat sama dan identik dengan induk
9. variasi jenis spesies pada suatu ekosistem
10. keterbatasan kondisi alam yang menyebabkan alam melakukan pemilihan makhluk hidup yang bisa hidup di lingkungan tertentu
Pengecekan Konsep
Pilihlah kalimat atau kata berikut untuk melengkapi kalimat.
1. Proses yang bertujuan menghasilkan makhluk hidup yang secara genetik sama di sebut __________
a. fertilisasi
b. perkembangbiakan seksual
c. kloning
d. mutasi
2. Sel sperma dan sel telur adalah tipe sel _________
a. embrio
b. mutasi
c. kelamin
d. gen
3. Selama meiosis ________yang membawa sifat berpisah
a. sel
b. sel kelamin
c. klon
d. gen
4. Matinya beberapa jenis hewan/tumbuhan dalam waktu tertentu, merupakan contoh _______
a. seleksi alam
b. adaptasi
d. fosil
d. bencana alam
5. Makhluk hidup dapat terbukti sesuai dengan lingkungannya melalui proses ____
a. seleksi alam
b. keanekaragaman hayati
c. menangkap mangsa
d. kawin
6. Sifat genetik suatu organisme yang tidak tampak dari luar disebut_______
a genotif c. Stereotif
b. fenotip d. Gen
7. gen untuk sifat-sifat yang berbeda memisah secara bebas selama pembentukan gamet, hal tersebut merupakan konsep _________
a. hukum mendel 1
b. hukum mendel 2
c. prinsip pemisahan bebas
d. mutasi
8. Sifat fisik sebagai suatu hasil dari penampakan genotif disebut ________
a. genotif c. Stereotif
b. fenotip d. gen
9. Usaha makhluk hidup untuk menyesuaikan dirinya dengan perubahan yang terjadi di
lingkungannya agar dapat bertahan hidup, disebut __________
a. adaptasi
b. seleksi alam
c. mutasi
d. kloning
10. Dua alela untuk suatu sifat yang persis sama disebut ________
a. homozigot c. genotif
b. heterozigot d. fenotif
Jawablah pertanyaan berikut di dalam buku IPA-mu
1. Manakah variasi berikut yang sangat menguntungkan bagi burung yang hidup di tanah basah: kaki berselaput, kaki bercakar, kaki dengan jempolan untuk berpegangan pada dahan?
2. Apa ada hubungan antara banyaknya belalang hijau yang hidup di sawah dengan warna daun padi yang hijau?
3. Apa tipe adaptasi yang cocok untuk hewan yang hidup di padang pasir?
4. Bagaimana proses meiosis sangat penting bagi perkembang-biakan.
5. Bagaimana rasio genotip dari hasil persilangan antara organisme yang memiliki genotip Dd dan organisme bergenotip DD pada keadaan dominansi tidak penuh?
6. Garbis berbentuk bulat disilangkan dengan garbis gepeng. Beberapa keturunannya mempunyai bentuk oval. Kenyataan ini menggambarkan bentuk pewarisan sifat yang bagaimana?
1. Pengukuran. Ambillah 50 buah biji satu jenis tanaman, gunakan penggaris untuk mengukur panjang masing-masing biji. Tulislah di dalam bukumu, kemudian hitunglah berapa panjang biji rata-rata.
2. Membuat grafik. Buatlah grafik balok untuk data yang kamu kumpulkan tentang panjang biji tersebut.
3. Merencanakan eksperimen. Rencanakan sebuah eksperimen untuk menguji apakah suatu tumbuhan berkembangbiak secara aseksual atau tidak
4. Membuat hipotesis. Buatlah hipotesis bagaimana katak menyesuaikan dirinya.
5. Membuat poster. Buatlah poster hewanhewan yang hidup di jaman lampau, tapi tidak berhasil menyesuaikan diri, sehingga sekarang sudah punah.
6. Menulis. Carilah dan tulislah ringkasan dari koran yang berceritera tentang DNA.
7. Penerapan. Buatlah papan catur Punnet yang menunjukkan persilangan dua anjing. Anjing jantan homozigot untuk telinga tegak dan anjing betina homozigot untuk telingan rebah. Telinga tegak dominan terhadap yang rebah. Gunakan huruf T untuk sifat dominan, dan huruf t untuk alela resesif. Sebutkan genotip dan fenotip dari induk, serta genotip dan fenotip dari anaknya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar