Jumat, 22 April 2011

4 Gelas Kopi Sehari Dapat Cegah Diabetes


Kebanyakan orang berpendapat bahwa kebiasaan minum kopi akan dapat mengganggu kesehatan terutama kandungan kafeinya, Hal inipun sebenarnya di amini jug oleh para pecinta kopi itu sendiri.
Hali ini ternyata tidak sepenuhnya benar, Baru-baru ini berdasarkan penelitian yang dilakukan sekelompok ahli dari AS menyebutkan selain sebagai penangkalkantuk ternyata kopi juga dapat berfungsi sebagai pencegah diabetes. Ketua Penelitian, Profesor Simin Liu, menyatakan ''Semua mitos tentang kopi ternyata salah''
Seperti diwartakan situs Medicmagic.net, Rabu (19/1), para ilmuwan di Universitas California, Los Angeles, AS, menemukan bahwa minuman yang terbuat dari biji kopi (Coffea arabica dan Coffea canephora) dapat mencegah diabetes tipe dua yang diakibatkan oleh defisiensi sekresi insulin.
Dalam penelitian, mereka memeriksa SHBG (sex hormone-binding globulin), hormon yang mengatur aktivitas testosteron dan estrogen. SHBG juga berperan meningkatkan kekebalan terhadap diabetes. Konsumsi kopi dapat meningkatkan hormon SHBG.
Penelitian ini dilakukan terhadap 40 ribu wanita yang mengonsumsi kopi. Hasilnya menunjukkan bahwa orang yang minum empat cangkir kopi per hari memiliki SHBG lebih tinggi ketimbang bukan peminum kopi. Selain itu, 56 persen dari para responden menunjukkan mereka terkena risiko diabetes lebih rendah dibandingkan yang tidak mengonsumsi kopi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar