Minggu, 20 November 2011

Hasil PTK : Efektivitas Metode Jigsaw dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Pelajaran Geografi


Geografi merupakan gabungan dari Geografi fisik (IPA), Geografi manusia (IPS), dan Geografi teknik.  Oleh karena itu diperlukan metode yang tepat dalam pembelajaran Geografi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan melakukan penelitian tindakan kelas di kelas XI IPS SMAK 3 BPK PENABUR Bandung tahun 2010 dikemukakan bahwa metode Jigsaw dapat mendorong proses pelatihan keterampilan yang menggalakkan siswa belajar aktif, mengembangkan penalaran, serta kemandirian siswa dalam menghadapi kehidupan yang terus berubah. Metode Jigsaw ini sangat efektif dalam upaya meningkatkan pemahaman siswa. Siswa yang semula tidak menyukai Geografi menjadi menyukai. Siswa yang semula tidak tuntas dalam pembelajaran Geografi menjadi dapat mencapai ketuntasan. Setelah melalui tiga siklus, penelitian ini menemukan tingkat ketuntasan siswa mencapai 100%.

Artikel Selengkapnya dapat dilihat [di sini]

Sumber : Jurnal Penabur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar