Hasil pengamatan guru terhadap perilaku peserta didik dan pernyataan orang tua siswa menunjukkan bahwa anak-anak PG-1 Fanny Fish (Kelompok Bermain) TKK 11 BPK PENABUR Jakarta cenderung kurang percaya diri. Padahal kepercayaan diri (self confidence) berperan sangat penting dalam menentukan kesuksesan anak di masa mendatang. Orang tua dan guru mempunyai andil yang paling besar dalam membantu anak mengoptimalkan kemampuan anak di segala bidang, termasuk dalam meningkatkan kepercayaan diri anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah percakapan referensial yang dilakukan guru di kelas (saat meal time) dapat meningkatkan kepercayaan diri anak. Dari hasil checklist, observasi, interview, dan rekaman foto serta video, dan setelah melalui tiga siklus (perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi) disimpulkan bahwa kepercayaan diri anak dapat ditingkatkan dengan percakapan referensial. Percakapan referensial akan efektif jika dilakukan dalam suasana yang kondusif, natural, dan menggunakan kata-kata yang spesifik untuk tiap anak.
Artikel Selengkapnya dapat dilihat [di sini]
Sumber : Jurnal Penabur
Tidak ada komentar:
Posting Komentar