Siswa sering kesulitan menemukan gagasan utama dalam memahami isi sebuah artikel atau buku. Hal ini berdampak pada hasil tes membaca, karena malas membaca, siswa kesulitan untuk menemukan gagasan sebuah artikel sehingga hasil tes dalam materi membaca sangat rendah. Dampak kesulitan ini dapat mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa dalam semua mata pelajaran. Dengan demikian perlu ditemukan strategi atau metode tepat untuk meningkatkan kemampuan menemukan gagasan bagi siswa. Dengan menggunakan penelitian tindakan kelas, penelitian ini mencoba mengatasi masalah tersebut di kelas 9 SMPK 7 BPK PENABUR Jakarta, dengan metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC). Dalam dua siklus, hasil penelitiann yang dilakukan Januari dan Peberuari 2010 ini, menunjukkan bahwa belajar dengan menggunakan metode yang dipilih dapat membuat proses pembelajaran lebih dinamis, variatif, dan menyenangkan sehingga hasil belajar siswa meningkat. Agar metode CIRC berhasil dengan baik guru perlu merencanakan kegiatan pembelajaran dengan manajemen waktu dan pengelolaan kelas yang baik. Selain itu, guru perlu meningkatkan kompetensinya dalam menerjemahkan dan mengimplementasikan setiap pembelajaran kebahasaan.
Artikel Selengkapnya dapat dilihat [di sini]
Sumber : Jurnal Penabur
Tidak ada komentar:
Posting Komentar