IPA adalah salah satu mata pelajaran yang digemari oleh para siswa, namun selama ini hasil belajar mata pelajaran IPA kurang memuaskan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manfaat model pembelajaran konstruktivisme dalam memperbaiki hasil belajar IPA di SDK 6 BPK PENABUR Bandung. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan menggunakan metode diskusi, kerja kelompok, dan percobaan. Pada model ini guru akan menggali pengetahuan awal siswa dan berlanjut kepada siswa untuk mencari pengetahuannya sendiri. Pengetahuan tersebut dapat dikonstruksikan menjadi satu pengetahuan yang utuh untuk siswa tersebut. Hasil penelitian yang dilakukan dalam bulan November 2010 ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar ranah kognitif, psikomotor dan ranah afektif. Simpulan yang diperoleh bahwa model pembelajaran konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar IPA di SDK 6 BPK PENABUR Bandung
Artikel Selengkapnya dapat dilihat [di sini]
Sumber : Jurnal Penabur
Tidak ada komentar:
Posting Komentar