Keterampilan menulis diperlukan untuk menuangkan buah pikiran secara teratur dan terorganisasi. Oleh karena itu sejak dini siswa perlu dilatih agar dapat menuangkan ide kalimatnya secara kreatif dan imajinatif. Pengalaman menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan mengembangkan kalimat karena metode yang digunakan oleh guru kurang sesuai. Penggunaan media pembelajaran yang tepat sangat dibutuhkan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa termasuk dalam pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan selama tiga bulan dalam tahun 2009 ini, dimaksudkan untuk mengatasi kesulitan dalam mengembangkan sebuah kalimat di kelas 3 SDK 1 BPK PENABUR Jakarta, dengan menggunakan media foto. Setelah melalui dua kali siklus, ternyata siswa menjadi lebih terampil dalam mengembangkan kalimat. Berdasarkan hasil penelitian, guru disarankan memanfaatkan media dalam mengembangkan metode pembelajaran yang lebih bervariasi sehingga membuat siswa lebih aktif, senang, dan nyaman.
Artikel Selengkapnya dapat dilihat [di sini]
Sumber : Jurnal Penabur
Tidak ada komentar:
Posting Komentar