3. STANDARKOMPETENSI LULUSAN | |
Komponen | Indikator |
3.1. Peserta didik dapat mencapai target akademis yang diharapkan | 3.1.1. Peserta didik memperlihatkan kemajuan yang lebih baik dalam mencapai target yang ditetapkan SKL. 3.1.2. Peserta didik memperlihatkan kemajuan sebagai pembelajar yang mandiri. 3.1.3. Peserta didik memperlihatkan motivasi belajar dan rasa percaya diri yang tinggi. |
3.2. Peserta didik dapat mengembangkan potensi penuh mereka sebagai anggota masyarakat | 3.2.1. Sekolah mengembangkan kepribadian peserta didik. 3.2.2. Sekolah mengembangkan keterampilan hidup. 3.2.3. Sekolah mengembangkan nilai-nilai agama, budaya, dan pemahaman atas sikap yang dapat diterima. |
Komponen3.1. Peserta didik dapat mencapai target akademis yang diharapkan | |||
Indikator | Realita yang ada | ||
Ya | Tidak | ||
3.1.1. Peserta didik memperlihatkan kemajuan yang lebih baik dalam mencapai target yang ditetapkan SKL. | |||
a. | Hasil belajar siswa dapat mencapai target yang ditetapkan pada KKM untuk setiap mata pelajaran dari setiap kelas | | |
b. | Nilai rata-rata untuk setiap mata pelajaran untuk setiap kelas menunjukkan adanya kenaikan. | | |
c. | Hasil lulusan ujian dapat berhasil 100 % untuk setiap tahunnya dan rata-rata nilai cenderung meningkat | | |
3.1.2. Peserta didik memperlihatkan kemajuan sebagai pembelajar yang mandiri. | |||
a. | Keterlibatan peserta didik dalam kegiatan belajar yang berkaitan dengan analisis dan pemecahan masalah-masalah kompleks. | | |
b. | Keterlibatan peserta didik memperoleh pengalaman belajar melalui program pembiasaan untuk mencari informasi/pengetahuan lebih lanjut dari berbagai sumber belajar. | | |
3.1.3 Peserta didik memperlihatkan motivasi belajar dan rasa percaya diri yang tinggi. | |||
a. | Siswa memperoleh pengalaman belajar untuk menumbuhkan dan mengembangkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab. | | |
b. | Siswa memperoleh pengalaman belajar yang mampu memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab. | | |
c. | Siswa memperoleh pengalaman mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya | | |
d. | Siswa memperoleh pengalaman mengapresiasikan karya seni dan budaya. | | |
Komponen3.2. Peserta didik dapat mengembangkan potensi penuh mereka sebagai anggota masyarakat | |||
Indikator | Realita yang ada | ||
Ya | Tidak | ||
3.2.1. Sekolah mengembangkan kepribadian peserta didik. APAKAH SMP NEGERI 3 BOLO SESUAI DENGAN KRITERIA-KRITERIA BERIKUT | |||
a. | Menerapkan kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara | | |
b. | Mematuhi aturan – aturan social,hokum dan perundangan | | |
c. | Menghargai keberagaman agama,budaya,suku,ras | | |
d. | Memahami kekurangan dan kelebiahan diri sendiri | | |
e. | Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun | | |
f. | Menunjukkan kebiasaan hidup bersih,sehat,bugar dan aman dalam kehidupan sehari – hari | | |
g. | Menghargai adanya perbedaan pendapat | | |
h. | Menghargai karya seni dan budaya nasional Indonesia | | |
3.2.2. Sekolah mengembangkan keterampilan hidup. APAKAH SMP NEGERI 3 BOLO SESUAI DENGAN KRITERIA-KRITERIA BERIKUT | |||
a. | Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif dan inovatif | | |
b. | Mencari dan menerapkan informasi dari lingkungan sekitar sumber-sumber lain secara logis, kritis dan kreatif | | |
c. | Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari\Mendeskripsi gejala alam dan sosial | | |
d. | Memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab | | |
e. | Menerapkan nilai-nilai kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara demi terwujudnya persatuan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia | | |
f. | Menerapkan hidup bersih, sehat, bugar, aman dan memanfaatkan waktu luang | | |
g. | Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun | | |
h. | Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis naskah pendek sederhana | | |
i. | Menunjukkan ketrampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sederhana | | |
j. | Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan menengah | | |
3.2.3. Sekolah mengembangkan nilai-nilai agama, budaya, dan pemahaman atas sikap yang dapat diterima. APAKAH SMP NEGERI 3 BOLO SESUAI DENGAN KRITERIA-KRITERIA BERIKUT | |||
a. | Menjalankan ajaran agama yang dianut | | |
b. | Menunjukkan sifat jujur dan adil | | |
c. | Memahamkeragaman agama, budaya, suku, ras dan golongan sosial ekonomi di lingkungan sekitarnya | | |
d. | Menerapkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman dan memanfaatkan waktu luang sesuai dengan tuntunan agamanya | | |
e. | Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun yang mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makluk Tuhan | | |
f. | Menghargai perbedaan pendapatdalam menjalankan ajaran agama | | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar