Kamis, 28 Juli 2011

Anak Cerdas Bisa Diprediksi 5 Menit Setelah Lahir

MAU mengukur kecerdasan anak di masa remaja? Sebuah tes kesehatan setelah menit-menit kelahiran anak bisa mengungkapkan seberapa cerdas mereka.

Sebuah studi terhadap 877.000 remaja Swedia membandingkan hasil ujian sekolah dengan skor Apgar mereka ketika lahir. Apgar adalah tes untuk mengukur kesehatan bayi baru lahir pada skala satu sampai sepuluh dan berapa besar perhatian medis yang diperlukan sang anak.

Hasilnya, para peneliti menemukan hubungan antara skor Apgar di bawah tujuh dengan tingkat kecerdasan yang lebih rendah pada anak di kemudian hari.

Dengan tes Apgar, orangtua diharapkan dapat mengenali masalah awal pada untuk sehingga membantu mengatasi kebutuhan mereka nantinya.

"Bukan skor Apgar yang menurunkan kemampuan kognitif anak. Alasan yang mengarah skor Apgar rendah (termasuk sesak napas, kelahiran prematur, konsumsi obat ibu, infeksi) adalah yang mungkin berdampak pada fungsi otak anak di masa depan," jelas Dr Andrea Stuart, dokter kandungan di Central Hospital in Helsingborg, Swedia, seperti dilansir Dailymail, Selasa (26/7/2011).

Para peneliti juga mencatat bahwa hanya satu dari 44 bayi baru lahir dengan nilai Apgar rendah yang kemudian membutuhkan pendidikan khusus. Oleh karena itu, ibu dari bayi yang memiliki skor Apgar rendah tidak semestinya khawatir.

"Kebanyakan bayi yang memiliki nilai Apgar kurang dari tujuh atau kurang, mereka baik-baik saja,” sahut Dr Richard Polin, Direktur Neonatologi Columbia University Medical Center dan anggota American Academy of Pediatrics Committee on Fetus and Newborn.

Studi ini sendiri merupakan studi terbesar yang pernah dilakukan untuk melihat hubungan antara kemampuan kognitif bayi melalui tes Apgar. Rencananya, studi ini akan muncul di jurnal Obstetrics & Gynecology edisi Agustus.

Apa itu tes Apgar?

Sistem Apgar dirancang oleh dokter asal Amerika, Dr Virginia Apgar pada 1952. Tes biasanya digunakan sebagai dasar untuk melihat implikasi jangka panjang dari kesehatan bayi.

Tes Apgar diberikan antara 1-5 menit setelah bayi dilahirkan yang mengevaluasi denyut jantung, pernapasan, tonus otot, warna kulit, dan refleks bayi (bersin atau batuk) pada skala satu sampai sepuluh. Skor delapan ke atas dianggap tanda-tanda kesehatan yang baik.

okezone.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar