Minggu, 31 Juli 2011

Pengertian, Fungsi Dan Sejarah Slot SIMM RAM

Pengertian SIMM ( Modul Memory Single In-Line ) adalah jenis modul memori berisi ramdom acces memory yang digunakan dalam komputer dari awal 1980-an ke 1990-an. Ini berbeda dari modul memory Dual In-Line ( DIMM ), bentuk yang paling dominan saat ini modul memori, dikontak pada SIMM berlebihan dikedua sisi modul. SIMM yang 30-Pin SIMM, kapasitas 256 KB.

Kebanyakan motherbaord PC awal ( 8088 PC berbasis, XTS dan ATS awal ) digunakan chip socked DIP. Dengan diperkenalkannya XT/286 berbasis IBM 286 yang dapat menggunakan memori yang lebih besar, memori modul berevolusi untuk menghemat ruang motehrboard dan untuk mengurangi perluasan memori. Dari pada memasukkan dalam delapan atau sembilan chip DRAM DIP tunggal, hanya satu modul memori tambahan dibutuhkan untuk meningkatkan memori komputer. A 286 berbasis beberapa komputer yang digunakan (sering non-standar) modul memori seperti memori Sipp (single in-line paket pin). 30 The Sipp's pin sering bengkok atau pecah saat instalasi, itulah sebabnya mereka dengan cepat digantikan oleh SIMM yang digunakan menghubungi piring daripada pin.

SIMM diciptakan dan dipatenkan oleh Wang Laboratories. Wang menemukan apa yang menjadi modul memori dasar, yang sekarang dikenal sebagai SIMM (modul memori single in-line) pada tahun 1983. Modul memori asli pin dibangun di atas keramik dan memiliki. Kemudian pin telah dihapus dan modul dibangun pada materi PCB standar.

Varian pertama SIMM memiliki 30 pin dan menyediakan 9 bit data. Mereka digunakan dalam 286, 386, 486 dan sistem VS Wang.

Varian kedua SIMM memiliki 72 pin dan menyediakan data 32 bit (36 bit dalam versi paritas). Ini pertama kali muncul pada IBM PS / 2, dan kemudian 486, Pentium, Pentium Pro dan Pentium II bahkan beberapa sistem. Pada pertengahan tahun 90-an, 72-pin SIMM menggantikan SIMM 30-pin.

komputer PC non-IBM seperti workstation UNIX dapat menggunakan SIMM non-standar proprietary. The IIfx Macintosh menggunakan SIMM non-standar proprietary dengan 64 pin.

DRAM teknologi yang digunakan dalam SIMM termasuk EDO dan FPM.

Karena lebar data yang berbeda bus modul memori dan beberapa prosesor, modul kadang-kadang beberapa harus dipasang berpasangan sama atau dalam kelompok identik empat untuk mengisi sebuah bank memori. Aturan umum praktis adalah 286 atau 386SX sistem (data bus lebar 16 bit) akan membutuhkan dua SIMM 30-pin untuk sebuah bank memori. Pada 386DX atau 486 sistem (data bus lebar 32 bit), baik empat SIMM 30-pin atau satu SIMM 72-pin yang diperlukan untuk satu bank memori. Pada sistem Pentium (data bus lebar 64 bit), dua SIMM 72-pin yang diperlukan. Namun, beberapa sistem Pentium memiliki dukungan untuk "mode bank setengah", di mana bus data akan dipersingkat menjadi hanya 98-bit untuk memungkinkan pengoperasian SIMM tunggal. Sebaliknya, beberapa 386 dan 486 sistem menggunakan apa yang dikenal sebagai "interleaving memori", yang mengharuskan dua kali lebih banyak SIMM dan efektif menggandakan bandwidth.

The soket SIMM awal yang konvensional push-jenis soket. Ini segera digantikan oleh soket ZIF di mana SIMM itu dimasukkan dan diputar sampai terkunci pada tempatnya. Untuk menginstal sebuah SIMM, modul harus ditempatkan dalam soket pada sudut tertentu, kemudian diputar (siku) ke posisi. Untuk menghapus satu, dua atau klip logam plastik di setiap akhir harus ditarik ke samping, maka SIMM harus miring kembali dan ditarik keluar.

Beberapa kehadiran dukungan SIMM mendeteksi ( PD ) . Sambungan dibuat ke beberapa pin yang menciptakan kapasitas dan kecepatan SIMM, sehingga perlatan kompatibel dapat mendeteksi sifat-sifat SIMM tersebut. PD SIMM dapat digunakan dalam peralatan yang tidak mendukung PD oleh jumper pas, jika SIMM memiliki bantalan solder untuk melakukannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar