Minggu, 31 Juli 2011

Pengertian RAM ( Random Access Memory )


RAM (Random Access Memory) adalah utama sebuah PC. RAM digunakan untuk menyimpan data sementara dan mengelurakn data yang diminta oleh processor. Alur data yang disimpan dan dikeluarkan dari RAM sangat dinamis dan berkecepatan sangat tinggi. Pemilihan RAM disesuaikan dengan form factor dari motherboard yang akan digunakan harus disesuaikan dengan speed bus motherboard yang akan dipakai. Jika speednya berbeda maka akan timbul masalah saat komputer dijalankan.
Data yang tersimpan di RAM akan hilang saat komputer dimatikan. Dengan demikian, penyimpanan data dalam RAM hanya bersifta sementara. sedangkan penyimpanan yang permanen dikenal dengan ROM (Read Only Memory). ROM ini tidak dapat menyimpan data berulang-ulang. ROM hanya mampu diberi data satu kali, sesudah itu hanya dapat dibaca saja.

RAM dibedakan atas 2 jenis yang paling banyak dipakai adalah jenis SDRAM, akrena harganya jauh lebih murah dari jenis RDRAM. Disisi lain, sebenarnya RDRAM menawarkan kinerja kecepatan yang sangat tinggi yang secara teori mampu mencapai 1.6 GB/s.

RAM sendiri dijual berdasarkan kapasitas penyimpanan datanya, mulai dari 4 MB, 8 MB, 16MB, 32MB, 64MB, 128MB, 256MB, 512MB, 1 GB. Semakin besar kapasitas penyimpanannya semakin mahal harganya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar