Rabu, 25 Mei 2011

Membisu Sejak Maret, Penjelajah Mars akan Dikontak Sekali Lagi dan Terakhir oleh NASA


NASA akan melakukan upaya terakhir mengontak wahana penjelajah Mars, Spirit, yang membisu sejak Maret 2010. Pernyataan badan misi antariksa Amerika Serikat itu disampaikan lewat keterangan pers, Selasa (25/5).

Spirit kehilangan dua dari enam roda pada musim semi 2009 dan terjebak di pasir Mars dan tidak terdengar kabarnya sejak 22 Maret 2010. Setelah terjebak, wahana jelajah itu tidak dapat bergerak ke lokasi lebih baik agar panel solar dapat mengisi batereinya.

Para ilmuwan telah berupaya menghubungi Spirit selama 10 bulan terakhir namun tidak berhasil dan diyakini segala kontak semakin diragukan karena Mars akan berubah ke musim dingin.

NASA telah mengalihkan perhatiannya ke wahana jelajah baru, Curiosity, yang akan diluncurkan pada November dan akan menggantikan Spirit bila kontak tidak kunjung berhasil.

Wahana jelajah Mars Opportunity dan Spirit mendarat di Mars pada Januari 2004 dan dijadwalkan untuk beroperasi selama 90 hari. Pada Mei 2010, kedua wahana jelajah itu membuat rekor baru sebagai misi Mars paling lama, yang sebelumnya dipegang oleh Viking 1, selama enam tahun dan 116 hari.


Sumber : Republika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar