Selasa, 31 Mei 2011

Plasmabot: Robot Yang Terbuat Dari Organisme Bersel Satu

Jangan menganggap remeh sesuatu yang telah diciptakan Tuhan, sekecil apapun itu, termasuk organisme bersel satu. Coba bayangkan, meskipun hanya mempunyai satu sel tapi organisme bersel satu telah menunjukkan kecerdasannya. Mereka bisa makan, bertahan hidup dan berkembang biak. Atas dasar itulah sebuah tim diUniversity of the West of England (UWE)mengalokasikan dana sebesar £ 228.000 untuk mengubah oganisme ini menjadi robot.

Dalam beberapa tahun terakhir, organisme bersel satu telah digunakan untuk mengendalikan robot berkaki enam, tapi Andrew Adamatzky ingin membuat "robot" yang sesungguhnya dari sebuah plasmodium, Physarum polycephalum, dia dapat bergerak ke arah sumber makanan seperti bakteri dan jamur, dan menjauhi cahaya.

Dengan sebutan "Plasmobot", dia akan "diprogram" dengan menggunakan stimulus cahaya dan elektromagnetik untuk memicu reaksi kimia yang kompleks yang mirip dengan reaksi kimia yang disebut Belousov-Zhabotinsky, yang sebelumnya Adamatzky menggunakannya untuk membangun gerbang logika untuk otak sintetis. Dengan memahami dan memanipulasi reaksi-reaksi ini, kata Adamatzky, itu memungkinkan untuk memprogram Plasmobot untuk bergerak kearah tertentu. Tujuan jangka panjangnya adalah menggunakan robot tersebut untuk membantu merakit komponen micromachines, katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar