Senin, 30 Mei 2011

Tips Sederhana Komputer Aman Dari Virus

Komputer merupakan alat elektronik atau multimedia yang hadir karena adanya perkembangan teknologi di dunia modern. Sekarang ini, komputer sudah menjadi kebutuhan untuk mempermudah segala bidang pekerjaan yang dilakukan manusia. Komputer telah membantu kinerja manusia dalam hal mengatasi pekerjaan. Mulai dari urusan administrasi sampai pengaturan produksi suatu pabrik dapat diatur dengan menggunakan sistem Komputer.
Kehadiran komputer membuat pekerjaan lebih cepat selesai dan hasil yang diperoleh lebih maksimal.Untuk menunjang pekerjaan, komputer pun harus dilengkapi dengan sistem keamanan agar kinerja komputer tetap stabil. Nah, banyak virus komputer yang menyerang sistem komputer sehingga membuat komputer jadi tidak stabil. Berikut ini artikel komputer agar komputer tidak terjangkit virus.

Menggunakan Antivirus

Penggunaan software antivirus sangatlah penting untuk menjaga stabilitas kinerja komputer. Dapat dikatakan bahwa antivirus merupakan sebuah benteng atau barikade komputer untuk mencegah serangan berbagai macam virus komputer.
Software atau perangkat lunak antivirus sangat mudah didapatkan. Cara untuk mendapatkan software antivirus ada yang dengan cara membeli ada juga yang gratis. Software atau perangkat lunak antivirus yang gratis banyak dan mudah ditemukan di internet. Ingat, walaupun gratis, tapi jangan menggunakan antivirus gratis yang bajakan karena disinyalir akan kurang efektif membasmi virus. Antivirus gratis cukup ampuh dalam membasmi virus yang menyerang komputer.

Tetap Update

Segala software yang ada pada komputer harus senantiasa update terus. Jangan hanya software antivirus saja yang di-update, software yang lain pun harus selalu di-update. Ya, semua software harus di-update, mulai dari operating system sampai driver komputer.
Perangkat lunak atau software tidak ada yang sempurna, Pasti setiap perangkat lunak atau software memiliki kelemahan. Oleh kerena itu, update software sangat penting untuk menunjang kinerja komputer dan software. Ingat, jangan percaya bila ada programmer yang mengatakan software buatannya sempurna. Update antivirus dan software lainya memang sangat diperlukan karena virus pun selalu update.

Hati-hati Saat Browsing di Dunia Maya

Mayoritas virus internet menyebar dari situs porno maupun warez (mp3 ilegal, software bajakan, dan sebagainya). Bila tidak ingin terkena virus, jangan pernah membuka situs yang disinyalir sarang virus. Hal ini merupakan cara terbaik dalam mencegah terjangkit virus komputer.
Jika Anda membuka situs yang kemudian pada situs tersebut muncul peringatan atau muncul kotak dialog yang memerintahkan untuk meng-install-kan sesuatu, lebih baik acuhkan saja. Jadi, berhati-hatilah jika membuka sebuah situs yang memakai permainan kata-kata seolah-olah memberikan hadiah kepada Anda. Kenyataannya, hal itu merupakan sebuah virus internet yang bisa menggangu sistem keamanan komputer.

Selalu Lakukan Scan File

Apapun file yang Anda unduh (download), usahakan lakukan scan dengan antivirus. Meskipun file yang di-download itu berasal dari website yang terpercaya, tetap harus dilakukan scan agar lebig terjamin keamanan sistem komputer Anda. Misalnya, setelah men-download e-book gratis, apakah Anda yakin ebookyang telah di-download tersebut bebas virus atau tidak. Hal itu dilakukan untuk mencegah virus menjangkit komputer. Ya, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Hati-hati dengan E-mail

Salah satu penyebaran virus internet adalah melalui e-mail. Jika Anda mendapat e-mail yang berisi file dengan format EXE, VBS, BAT, terlebih lagi e-mail itu dikirim dari orang yang tidak Anda kenal, lebih baik jangan pedulikan e-mail tersebut karena kemungkinan besar itu adalah virus yang sengaja dikirim oleh orang yang tidak dikenal.
Semoga Bermanfaat !
sumber ; ldiimagetan.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar