Sabtu, 28 Mei 2011

Memilih Buah-buahan yang Manis

Terkadang kita tidak tahu buah seperti apa yang matang dan manis saat berbelanja. Petunjuk berikut akan membantu Anda.
Yang perlu Anda ketahui adalah ciri-ciri kematangan dalam tiap-tiap buah. Ini cirinya seperti dikutip dari Six Wise.
Jeruk
Kematangan jeruk tak hanya bisa dilihat dari warna kulit semata. Terkadang ada juga jeruk yang kulitnya masih kehijauan, namun tingkat kematangannya sudah cukup. Apalagi tak jarang ada beberapa oknum pedagang yang sengaja memberi pewarna pada buah-buah yang dijualnya agar terlihat matang. Lebih baik coba perhatikan tingkat kehalusan kulit jeruk. Semakin halus kulit jeruk dan semakin berat bobotnya, maka semakin matang jeruk tersebut.

Semangka
Tak perlu memotong semangka utuh untuk mengetahui tingkat kematangannya. Sama halnya dengan jeruk, semakin berat dan halus kulitnya, maka semangka semakin matang. Ciri lain yang bisa di lihat adalah warna kekuningan yang ada di ujung buah semangka. Semakin lebar warna itu, maka semakin matang buahnya.

Stroberi
mencari stroberi yang matang cenderung lebih mudah. Anda hanya perlu melihat warna merahnya. Semakin tua warnanya maka semakin matang stroberi tersebut. Jangan memilih stroberi yang memiliki warna kehijauan atau kekuningan, karena rasanya pasti masih asam. Jangan juga memilih stroberi yang terlalu besar, karena biasanya kadar air stroberi itu lebih banyak sehingga rasanya tawar.

Nanas
Selain warna kekuningan, yang menandakan kematangan buah nanas adalah bau harum yang menyerbak dari buahnya. jadi pilihlah nanas yang harum saat membeli.

Mangga
Kematangan mangga tak selalu bisa dilihat dari warna kulitnya. terkadang ada mangga yang sudah matang namun kulitnya masih berwarna hijau tua. Ciri-ciri mangga yang matang adalah daging buahnya yang lebih lembut. Coba tekan kulit mangga saat membelinya, untuk memilih mangga yang matang. Biasanya, magga yang matang juga mengeluarkan aroma yang harum

Sumber : id.custom.yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar