Senin, 30 Mei 2011

Tips Untuk Memperoleh Beasiswa di Perguruan Tinggi

Tips Untuk Memperoleh Beasiswa di Perguruan Tinggi
Beasiswa perguruan tinggi merupakan impian buat mereka yang baru lulus dari sekolah menengah atas (SMA). Tak hanya yang baru lulus SMA saja, bahkan mereka yang sudah kuliah sekalipun ikut berburu dalam mendapatkan beasiswa tersebut. Karena selain gengsi mendapatkan beasiswa juga bisa mencukupi biaya kuliah dan ikut meringankan beban orang tua.
Ada banyak macam yang termasuk jenis beasiswa perguruan tinggi ini: beasiswa penuh yakni beasiswa yang diberikan full untuk mencukupi pembayaran kuliah, transport dan makan. Ada juga biaya tidak penuh yakni beasiswa yag hanya diberikan untuk membayar biaya kuliah saja.
Banyak sekali beasiswa perguruan tinggi yang bisa didapatkan oleh siswa-siswi cerdas, kreatif dan kompetitif. Sekarang yang menjadi pertanyaannya, apa saja yang perlu dilakukan dan dipersiapkan untuk menjemput beasiswa tersebut menjadi kenyataan?

Tunjukkan Prestasimu

Siapa saja yang berprestasi tentu akan menjadi prioritas untuk lembaga manapun memberikan beasiswa kepadanya. Prestasi ini biasanya menjadi ukuran apakah seseorang layak atau tidak mendapatkan beasiswa?
Karena lembaga pendonor beasiswa akan memantau dengan bantuan pihak sekolah, nilai dan prestasi lainnya yang diperoleh seorang siswa ketika masih di sekolah menengah atas. Oleh karenanya, menjaga prestasi yang ditunjukkan dengan cemerlangnya nilai-nilai yang diperoleh adalah suatu keharusan.
Selain itu, seorang siswa atau mahasiswa juga bisa mendapatkan beasiswa bukan melulu karena prestasi akademiknya saja, melainkan prestasi non-akademiknya yang sangat cemerlang misalnya juara olahraga, renang, atau olimpiade.
Prestasi non akademik juga ternyata banyak dicari oleh lembaga pemberi beasiswa. Dan bagi mereka yang sudah duduk di perguruan tinggi, maka jalan terbaik untuk mendapatkan beasiswa adalah dengan menjaga nilai IPK atau indeks prestasi kumulatif dari semester satu sampai akhir.
Dan bagi mereka yang sekolah atau kuliah di perguruan tinggi swasta tak perlu takut tak kebagian jatah beasiswa dari mereka yang berkuliah atau sekolah di negeri. Sudah banyak saat ini perguruan tinggi swasta yang juga memberikan beasiswa kepada siswa atau mahasiswanya yang berprestasi seakan tak mau kalah dengan perguruan tinggi negeri.
Meski demikian, jangan cepat puas dengan hanya melamar untuk mendapatkan beasiswa dari perguruan tinggi di dalam negeri saja. Tentu lebih baik jika mendapatkan beasiswa di luar negeri seperti di Malaysia, Singapura, Australia, Amerika Serikat atau negara Eropa yang terkenal memiliki sistem pendidikan terbaik.

Tips Beasiswa

Beberapa tips untuk memperoleh beasiswa sebagai berikut:
  1. jaga prestasi akademis maupun nonakademis secara konsisten karena hal tersebut bisa dijadikan sebagai modal utama dalam memperoleh beasiswa. Jangan lupa pula untuk menyimpan berbagai sertifikat atau piagam penghargaan yang pernah didapatkan sebagai modal tambahan untuk semakin dekat mendapatkan beasiswa tersebut.

  2. jaga motivasi dan bayangkan terus bahwa Anda akan mendapatkan beasiswa sebagaimana yang diinginkan dan dicita-citakan.

  3. rajin-rajinlah mencari informasi beasiswa di dalam maupun luar negeri.

  4. perkuat link atau jaringan untuk mempermudah proses pengajuan beasiswa.
Itulah hal-hal yang mesti diperhatikan ketika ingin mendapatkan beasiswa perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, dalam ataupun luar negeri.
 Sumber : ldiimagetan.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar