Rabu, 04 Mei 2011

Nutrisi Terbaik untuk Mengatasi Rambut Rontok


Penyebab rambut rontok adalah banyaknya faktor termaksuk efek samping dari obat tertentu. etidakseimbangan hormon, stres atau bahkan kekurangan gizi. Beberapa nutrisi dapat mengatasi masalah tersebut. Makanan kaya vitamin B, vitamin A dan E, zinc, besi, asam lemak omega-3 dan protein bertanggung jawab untuk pertumbuhan rambut. Kekurangan nutrisi ini dapat menyebabkan rambut rontok atau pertumbuhan rambut rapuh dan tidak sehat.
Berikut beberapa nutrisi terbaik untuk mengatasi rambut rontok:
Ikan dan lemak omega-3.
Mengkonsumsi makanan yang kaya asam lemak esensial atau yang dikenal sebagai omega-3 lemak tak jenuh, dapat menjaga rambut dan kulit selalu sehat. Makanan yang kaya asam lemak omega-3 adalah ikan, seperti salmon, sarden, halibut dan mackerel. Sumber biji-bijian yang kaya asam lemak omega-3 misalnya kenari, biji rami dan kacang kedelai.

Telur dan ayam
Asam amino adalah protein yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut. Makanan yang memberikan protein seperti daging, ikan, unggas, produk susu, makanan kedelai dan telur. Telur kaya akan biotin dan vitamin B12, yang diperlukan untuk kesehatan rambut, kuku dan kulit.

Sayuran hijau.
Sayuran hijau gelap seperti bayam, brokoli, kol dan lobak Swiss, kaya akan zat besi, dan vitamin A dan vitamin C. Tubuh membutuhkan vitamin A dan C untuk menghasilkan sebum, yaitu zat berminyak yang disekresikan oleh folikel rambut.

Daging sapi, tiram dan kacang-kacangan.
Daging sapi dan moluska terutama tiram, adalah sumber makanan yang terbaik dari zinc. Kekurangan zinc dapat menyebabkan rambut rontok berlebihan. Kacang-kacangan seperti kenari, almond dan mete juag kaya protein dan zinc.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar