Sabtu, 21 Mei 2011

ALEXANDER FLEMING : Merubah Dunia dan Menyelamatkan Jutaan Manusia


Alexander Fleming, salahsatu penemu terbesar abad 20
Penisilin adalah keajaiban.

Sepanjang sejarahnya, berjuta-juta manusia mati karena penyakit-penyakit akibat infeksi bakteri. Dulu, ketika tubuh sudah terinfeksi bakteri, maka nyaris tidak ada yang bisa dilakukan selain menunggu kematian. Bakteri, adalah salahsatu musuh terbesar umat manusia.
Lalu Penisilin ditemukan. Penisilinlah yang akhirnya menyelamatkan manusia dari berbagai infeksi bakteri. Penisilin, yang ditemukan tahun 1928 itu, adalah obat ajaib.
Berkat Penisilin, Alexander Fleming dianggap sebagai salahsatu manusia terpenting dalam sejarah, dan dia menerima penghargaan tertinggi Nobel di tahun 1945 bersama Howard Walter Florey dan Ernst Boris Chain. Fleming juga masuk dalam daftar TIME 100, 100 manusia terbesar abad 20.

Laboratorium Fleming seringkali berantakan dan kotor. Tahun 1928 dia sedang meneliti cara mematikan bakteri-bakteri berbahaya, termasuk yang telah membunuh jutaan tentara yang terluka di Perang Dunia I.

Suatu hari, karena terlalu bersemangat ingin liburan, dia
 lupa membersihkan cawan petri-nya (cawan percobaan) yang berisi bakteri bernama staphylococcus. Cawan itu berada berhari-hari di udara terbuka.
Ketika dia kembali, dia melihat keajaiban. Dia menemukan, di beberapa tempat di cawan bakteri itu terkontaminasi (tumbuh) substansi seperti jamur, dan ternyata, bakteri di sekitar jamur itu telah mati! Bakteri yang tidak terkena jamur itu, tidak mati. Kesimpulannya, jamur istimewa itu telah berhasil membunuh bakteri berbahaya itu. Jamur itu, ternyata adalah dari genus penicillium notatumEureka! Inilah kuncinya!

Fleming berjuang memisahkan dan memurnikan penicillium itu, dia melakukan banyak penelitian dan membuat banyak catatan-catatan. Tapi bertahun-tahun dia tidak berhasil. Dia sempat menyerah.
Di tahun 1935, dua peneliti kedokteran Inggris di Oxford, Howard Walter Florey dan Ernst Boris Chain menemukan tulisan Fleming. Mereka mempelajarinya dengan serius dan mulai mengembangkannya lebih jauh.

Tahun 1940, mereka mencobanya pada tikus, dan hanya dalam beberapa jam, obat itu bekerja! Akhirnya di tahun 1941, mereka mulai mencobanya pada manusia. Percobaan itu berhasil, dan era baru kedokteran manusia dimulai. Manusia mempunyai senjata
terampuh membunuh organisme berbahaya bernama bakteri.

Penisilin digunakan untuk mengobati sipilis, bronchitis, tuberkulosis, demam scarlet, dan banyak lainnya. Penisilin menjadi sangat berpengaruh ketika dipakai untuk menyembuhkan ratusan ribu tentara-tentara Sekutu yang terluka di Perang Dunia II. Tanpa Penicilin, ratusan ribu tentara sekutu akan mati sia-sia. Dan mungkin, tanpa penicilin, Sekutu akan dikalahkan oleh Nazi Jerman, dan dunia saat ini telah dikuasai fasisme.

Itulah kehebatan dari obat antibiotik bernama Penicilin. Penicillin telah merubah dunia.


Apa Anda tidak ingin jadi orang yang bisa menyelamatkan jutaan manusia dan merubah dunia?

Ilmu, belajar, baca, kerja keras, ikhlas, ikhlas, dan pantang menyerah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar