Minggu, 15 Mei 2011

Tahukah Anda, Siapa 'Penguasa' Dunia Maya? Pensiunan!


REPUBLIKA.CO.ID, LONDON - Siapa bilang generasi "silver surfer"--julukan bagi kelompok diatas 60 tahunan--gagap teknologi. Mereka justru memanfaatkan betul keberadaan teknologi internet sebagai salah satu usaha untuk berkomunikasi dengan cucu-cucu mereka. Jadi, jangan heran kalau ada orang tua disekitar anda memiliki akun facebook ataupun skype.

Hasil survei yang dilakukan oleh Comscore menyebutkan pengguna internet di Inggris terbanyak ditempati oleh para pensiunan. Kebanyakan dari mereka memanfaatkan teknologi panggilan video, email dan pesan instan. 

ComScore mencatat mereka yang berusia 65 rata-rata menghabiskan waktu 33 jam untuk online. Sementara remaja yang berusia 12-17 tahun rata-rata menghabiskan 22 jam untuk online, dan mereka yang berusia 18-24 tahun menghabiskan 32 jam untuk online. Cukup mengejutkan

Hasil lainnya juga disebutkan 12.7 persen dari pensiunan yang berusia 55 tahun menggunakan facebook. Prosentase itu lebih besar ketimbang remaja yang hanya 12 persen mengakses facebook. 

Untuk layanan surat elektronik, 9 dari 10 pensiunan yang berusia diatas 65 tahun menggunakannya untuk berkomunikasi. Sementara remaja yang berusia 12-17 hanya 73 persen yang memanfaatkan layanan surat elektronik.

"Mereka yang dahulu merupakan generasi baby boomer, ketika memasuki usia senja mengalami persoalan komunikasi. Mereka tidak lagi berhubungan dengan satu sama lain dalam kurun waktu yang sangat panjang. Bahkan ada dari mereka yang tidak berkomunikasi sama sekali. 

Dengan teknologi di zaman sekarang, kita bisa membalikan kondisi itu," papar Andrew Carle, a professor dan Direktur Senior Program Administrasi Rumah Tangga, George Mason University, Virginia seperti dikutip Dailymail.co.uk, Rabu (11/5).

Carle melihat dengan kepala sendiri bagaimana teknologi internet telah menghubungkan anak-anaknya dengan kakek-neneknya yang terpisah ribuan mil. Dia mengaku hanya bertemu orang tuanya setahun sekali namun berkat teknologi internet intensitas komunikasi dengan orang tuanya meningkat drastis.

Catatan lain dari survei tersebut, kecenderungan komunikasi yang dahulu terputus antar keluarga mulai tersambung kembali. Para pensiunan tidak lagi merasa hidup sendiri. Apalagi, disejumlah negara seperti Inggris, setiap rumah pensiunan memiliki akses internet. 

Padahal data  Badan Statistik Inggris tahun 2000 menunjukan hanya 11 persen dari pensiunan Inggris yang memiliki akses internet. Prosentase itu kini meningkat drastis yakni mampu menembus angka 40 persen.

"Dulu ada kelangkaan komunikasi, dan itu sangat berharga," kata Thomas Kamber, pendiri kelompok pendukung orang tua di New York. Menurut Kamber, teknologi membuat komunikasi menjadi lebih murah. 

Mereka yang telah berusia lanjut tentu diuntungkan dengan kondisi tersebut. Mereka, kata Kamber, bisa menjalin komunikasi dengan kerabat dan sahabat mereka yang terpisah sekian lama. "Kondisi ini tentu mencegah kebosanan dan menjaga pikiran aktif dan pembelajaran para pensiunan," kata dia.

Mary Madden, peneliti senior Pew Research Centre, mengatakan kekuatan utama para pensiunan adalah keluarga mereka. Apalagi saat bertemu cucu-cucunya, Mereka tidak akan mau ketinggalan merasakan momen tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar