Jumat, 17 Juni 2011

6 Mitos tentang Menopause

Kaum perempuan biasanya akan gelisah menghadapi masa menopause. Inilah masa dimana akan terjadi perubahan besar secara fisik dan emosional pada diri mereka. Meskipun begitu, banyak gejala yang terjadi sebenarnya hanya merupakan asumsi belaka. Ada beberapa kesalahan fakta mengenai masa transisi ini yang tidak perlu Anda percayai lagi.

1. Menopause terjadi sekitar usia 50 tahunItulah rata-rata usia menopause, tapi sebenarnya rentang usianya bisa bervariasi. Beberapa ahli menyebutkan usia 48-55, namun ada juga yang mengatakan rentangnya dari usia 40 sampai 60 tahun. Menopause juga dapat terjadi lebih awal, yang sering disebut menopause dini. Menurut situs WebMD, penyebabnya antara lain faktor genetik, sakit, atau pengobatan tertentu, dan terjadi sebelum usia 40 tahun. Secara teknis, menurut Mayo Clinic, menopause terjadi 12 bulan setelah masa menstruasi terakhir perempuan.2. Perimenopause, masa-masa sebelum menopause, menciptakan perubahan secara perlahanBeberapa wanita mungkin mengeluhkan beberapa gejala ringan, tetapi untuk perempuan lain perimenopause bisa dianggap sebagai hujan meteor. Karena tingkat estrogen mulai menurun, Anda dapat mengalami perubahan suasana hati dan menjadi mudah marah, cemas, dan depresi. Anda berharap bisa mengatasinya, namun tidak ada jaminan untuk itu.3. Hot flashes adalah gejala yang paling umumMenjelang menopause, terjadi perubahan kadar hormon dengan gejala seperti rasa panas yang berlebihan dan detak jantung yang meningkat selama dua sampai 30 detik. Rasa panas bisa dimulai di wajah atau dada, lalu menyebar ke seluruh tubuh. Kondisi ini kerap disebut sebagai hot flashes. Namun, hot flashes tidak selalu dialami perempuan menjelang menopause.
Hot flashes terjadi tiba-tiba, dan membuat Anda merasa hangat atau bahkan terasa seperti terbakar. The Mayo Clinic melaporkan empat gejala tambahan yang bisa dialami, seperti rasa lemah, kelelahan, pingsan, dan pusing.

4. Menopause adalah peristiwa alami, jadi hadapi sajaMenopause memang tidak dapat dihindari, namun tidak berarti Anda harus menerima kondisi ini begitu saja. Ada yang menyarankan perempuan untuk menjalani terapi penggantian hormon, namun hal ini masih dianggap kontroversial. Sedangkan ahli diet umumnya menyarankan untuk menambahkan kedelai dan teh hijau dalam menu makan Anda untuk mengurangi gejala tersebut. Apakah Anda juga akan menghadapi masa-masa depresi menjelang menopause? Yang jelas, para peneliti mengatakan bahwa transisi menuju menopause merupakan periode berisiko tinggi untuk menghadapi depresi. Obat-obatan antidepresan dapat membantu, meski inipun masih kontroversial.
5. Ketika menopause, kehidupan seks dan daya tarik Anda memudar
Pada masa ini, Anda mungkin akan merasakan gejala seperti vagina yang mengering, namun ada perawatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi gejala ini. Karena itu, bila Anda dan suami masih memiliki gairah untuk berhubungan seksual, jangan ragu untuk melakukannya. Untungnya lagi, Anda tidak perlu menggunakan alat kontrasepsi saat berhubungan intim. Bagaimana dengan daya tarik? Hm... siapa bilang menopause membuat perempuan jadi tidak menarik? Coba lihat Goldie Hawn, Jamie Lee Curtis, atau Kim Basinger.

6. Menopause akan mengubah hidup Anda
Menopause merupakan tahap kehidupan yang menandai akhir masa kesuburan. Namun banyak perempuan beranggapan hal itu tidak akan terasa, dan bukan suatu perubahan besar. Kalaupun menstruasi tidak lagi terjadi, hal ini justru dianggap menyenangkan.
Sumber :
Third Age

Tidak ada komentar:

Posting Komentar