Jumat, 17 Juni 2011

Avokad, Sumber Lemak yang Sehat

Banyak orang yang ingin mengurangi berat badan menjauhi buah alpukat. Memang alkpukat merupakan salah satu buah yang tinggi kadar lemaknya, sekitar 16 persen. Tapi lemak yang terkandung sebenarnya aman dan malah menyehatkan. Hal itu karena 63 persen unsur penyusunnya adalah asam lemak tidak jenuh, terutama asam lemak tak jenuh tunggal.
Menurut para ahli, makanan yang paling efektif menurunkan lemak adalah yang mengandung MUFA (mono unsaturated fatty acid) seperti alpukat. Selain membantu menurunkan berat badan, makanan yang kaya MUFA juga mampu meluruhkan lemak di area perut. Khasiat alpukat lain yang tak kalah hebat adalah menurunkan kadar kolesterol, mencegah penyumbatan pembuluh darah serta mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes.
Di dalam 100 gram buah alpukat juga terkandung sekitar 300-400 IU vitamin A dan sekitar 165 mikrogram karoten. Terkandung pula tiamin, riboflavon dan niasin, yang tergolong vitamin B kompleks. Kadar vitamin C alpukat juga cukup baik, sekitar 14 mg per 100 gram buah alpukat.
Bagi Anda yang mengalami masalah dengan pencernaan, makanan yang kaya serat tentu sangat dianjurkan. Anda bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi alpukat. Serat  alpukat  juga  tinggi  sekitar  1,6  gram/100  g.  Hal ini bermanfaat  untuk  membantu  sistem pencernaan dan membuang sisa-sisa pencernaan yang beracun.
sumber ; kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar