Jumat, 17 Juni 2011

Pentingnya psikolog dan mahasiswa psikologi belajar Hipnoterapi

Bertahun-tahun saya menjadi hipnoterapis dan telah menangani berbagai problem ribuan klien. Banyak problem tersebut ternyata sangat berkaitan erat dengan psikologis klien itu sendiri. Berbagai problem neurosis dengan mudah dilepaskan dengan hipnoterapi. Orang-orang yang neurotic membutuhkan waktu lama untuk disembuhkan jika hanya menggunakan terapi konvensional. Namun, jika terapi yang dilakukan ditambahkan hipnoterapi maka hasilnya akan sangat cepat dan dahsyat! Karena itu hipnoterapi wajib dipahami dan dipelajari oleh orang-orang yang belajar dan berkecimpung di bidang psikologi.
Ada berbagai jenis neurosis yang bisa dengan cepat diatasi dengan hipnoterapi:
  • Disassociated neurotics
Orang-orang yang mengalami neurosis ini biasanya akan dengan ekstrim melupakan segala sesuatu dengan tujuan menghindar dari problemnya. Dia juga mudah sekali terbawa oleh orang-orang lain.
Orang-orang neurotic jenis ini merupakan subjek hipnosis yang baik. Sehingga hipnoterapi bisa dilakukan dengan sangat efektif untuk mengatasi neurosis tipe ini.
  • Phobic neurotics
Fobia merupakan ketakutan yang luar biasa yang dialami oleh seseorang akan sebuah hal, situasi atau benda. Hipnoterapi sangat efektif untuk melepaskan fobia seseorang.
  • Obsessive-Compulsive neurotics
Orang-orang neurotic tipe ini harus melakukan serangkaian ritual dan jika ritual ini mereka tidak lakukan mereka akan mengalami ketakutan yang sangat mendalam. Hipnoterapi sangat efektif untuk mengatasi neurosis tipe ini.
  • Depressive neurotics
Orang-orang ini merasakan selalu berada di kondisi loyo setiap saat. Beberapa simptom juga bisa mereka alami, seperti sulit tidur, pikiran yang negatif, kemarahan yang meledak-ledak dan berbagai gangguan kesehatan. Depresi merupakan akibat dari pemendaman masalah kehidupan. Hipnoterapi sangat efektif untuk melepaskan berbagai masalah tersebut sehingga depresi bisa disembuhkan.
  • Hypnochondriacal neurotics
Orang-orang tipe ini merasakan kesenangan dengan kesehatan mereka yang buruk karena mereka menikmati perhatian dan rasa maklum dari berbagai pihak atas kesehatannya yang buruk. Dalam hipnoterapi, ini disebut sebagai secondary gain di mana seseorang mendapatkan keuntungan kedua dari problem yang dialaminya. Hipnoterapi sangat efektif sekali mengatasi secondary gain.
  • Orang-orang tipe ini merasakan terus-menerus gangguan kesehatan seperti kelelahan, sakit kepala dan problem kesehatan lainnya. Semua hal di atas merupakan akibat dari kemarahan atau ketidakpuasan yang terpendam. Hipnoterapi efektif sekali melepaskan berbagai emosi negatif dari alam bawah sadar.
  • Conversion neurotics
Hipnoterapi dan Neurosis
Lulusan training hipnoterapi 100 jam saya beberapa waktu lalu menelepon saya untuk melaporkan sesi hipnoterapinya dengan seorang klien yang lumpuh. Hanya dengan dua sesi hipnoterapi, wanita itu bisa berjalan kembali! Para psikiater telah angkat tangan. Mereka mengatakan kelumpuhan wanita ini bukan karena problem fisik melainkan berakar pada problem psikis. Dia diberikan berbagai obat untuk ketenangan pikirannya. Wanita itu tidak mau selamanya tergantung dengan obat-obatan. Maka dia menghubungi murid saya itu. Ternyata, akar kelumpuhannya terletak di kesedihan dan kemarahan mendalam yang bercokol di alam bawah sadarnya selama bertahun-tahun. Murid saya melakukan hipnoterapetik untuk melepaskan kesedihan dan kemarahannya. Luar biasa, di sesi kedua wanita itu berjalan! Ya, Conversion neurotics bisa dengan mulusnya disembuhkan dengan hipnoterapi.
Murid saya yang lain mendapatkan klien seorang dokter yang mengalami OCD selama bertahun-tahun. Dokter itu membutuhkan waktu berjam-jam untuk mencuci tangannya. Karena sebab itulah dokter tersebut berhenti praktek karena pasiennya lama menunggu dia mencuci tangan. Murid saya melakukan hipnoterapetik untuk menyembuhkan OCD dokter tersebut. Ternyata, akarnya OCDnya adalah ketakutan yang mendalam saat dia melahirkan anaknya yang pertama. Anak tersebut mengalami gizi buruk. Dokter itu dimarahi oleh dokter senior yang mengatakan dia tidak becus mengurus anaknya. Hal yang sama terjadi dengan kehamilan keduanya. Dokter itu berasa ketakutan kalau ketidakbecusan dia bisa mengakibatkan penyakit fatal anak-anaknya. Dari situlah asal dia harus berjam-jam mencuci tangannya. Dalam dua sesi OCDnya sembuh. Kini, dokter tersebut tidak lagi mencuci tangannya berjam-jam. Malah dokter tersebut merencanakan untuk membuka kembali prakteknya. Ya, Obsessive-Compulsive neurotics berasal dari ketakutan yang mendalam. Ketakutan itu terletak jauh di alam bawah sadar seseorang. Jika ketakutan tersebut tidak ditemukan maka OCD akan terus berlangsung. Hipnoterapi sangat efektif untuk memasuki kedalaman alam bawah sadar untuk mencabut akar ketakutan OCD.
Seorang klien saya mengalami depresi selama puluhan tahun. Dia berobat ke berbagai tempat, di dalam dan luar negeri. Selama berpuluh-puluh tahun dia mengkonsumsi obat penenang dari dokter sehingga membuat dia seringkali merasa lemas untuk beraktivitas. Saya melakukan hipnoterapetik untuk menemukan akar depresinya. Akarnya cukup banyak, mulai dari kemiskinan masa kecil, perselingkuhan suaminya, kemarahannya kepada mertua, dll. Satu-persatu dengan teliti saya lepaskan dengan Wisdom Therapy. Setelah lima sesi, dia telah lepas obat penenang. Dokternya mengijinkannya untuk tidak lagi mengkonsumsi obat penenang karena dia dinyatakan telah tidak depresi lagi. Ya, hipnoterapi efektif untuk melepaskan berbagai problem penyebab Depressive neurotics.
Fobia merupakan problem yang bisa ditangani dengan cepat dengan hipnoterapi. Fobia ketinggian yang dialami murid training hipnoterapi 100 jam saya bisa dilepaskan dalam satu sesi saat saya melakukan live session di kelas. Fobia ular murid saya pun selesai dalam live session yang saya demokan di depan kelas. Ya, hipnoterapi sangat efektif menangani Phobic neurotics.
Sore hari di hari kedua, ketika sesi trauma healing dengan hipnoterapi saya selesai, psikolog itu mengadakan sesi sore kepada grup tersebut. Malam harinya psikolog itu mengajak saya bicara. “Anak-anak itu berubah luar biasa. Hasil hipnoterapi kamu yang dua hari ini dahsyat! Hipnoterapi memang betul-betul jalan cepat untuk penyembuhan psikis. Saya butuh waktu bertahun-tahun dengan ilmu psikologi untuk mendapatkan hasil seperti yang kamu lakukan dalam dua hari ini.” Kemudian psikolog ini mendaftar ikut pelatihan hipnoterapi 100 jam saya. Ya, seorang psikolog akan menjadi psikolog yang dahsyat jika dia menggabungkan ilmu psikologinya dengan hipnoterapi. Dia akan menjadi psikolog yang luar biasa dan menjadi nilai lebih dalam prakteknya.
Banyak psikolog dan mahasiswa psikologi yang menjadi murid training hipnoterapi 100 jam saya. Beberapa dari mereka masuk ke Nathalia Institute sebagai hipnoterapis. Mereka menemukan berbagai problem psikologis cepat diselesaikan dengan menggunakan hipnoterapi. “Problem pasien psikologi saya hanya membutuhkan beberap sesi hipnoterapi. Mereka telah sembuh. Jika saya hanya menggunakan murni ilmu psikologi itu membutuhkan puluhan sesi konsultasi.” komentar seorang psikolog yang menjadi murid training hipnoterapi 100 jam saya. Ya, para psikolog dan mahasiswa psikologi akan memiliki nilai jual lebih dengan terus menambah ilmu pengatahuan mereka.
Mengapa psikolog dan mahasiswa psikologi perlu belajar hipnoterapi?
  • Mempercepat kesembuhan pasien.
Jika para psikolog menggabungkan ilmunya dengan hipnoterapi maka kesembuhan pasiennya bisa mengalami percepatan yang luar biasa.
  • Menambah efektivitas praktek psikologinya.
Hipnoterapi langsung mencabut akar berbagai problem pasien di alam bawah sadarnya. Dengan hipnoterapi efektivitas terapi psikologinya akan menjadi meroket. Tentunya ini akan menjadi nilai lebih bagi para psikolog dan mahasiswa psikologi.
  • Menggali problem sampai ke alam bawah sadar.
Talk therapy hanya sampai di kedalaman pikiran sadar. Talk therapy yang digabungkan dengan hipnoterapi akan membuat seorang psikolog bisa menggali problem pasien dari pikiran sadar sampai alam bawah sadarnya – tempat bercokolnya berbagai akar problem pasien.
Jika hipnoterapi membantu bidang psikologi dengan sangat dahsyat, mengapa para psikolog atau mahasiswa psikologi tidak mendalaminya?
  • Ketidaktahuan
Banyak psikolog atau mahasiswa psikologi yang belum memiliki pengetahuan yang tepat tentang hipnoterapi. Psikolog yang menjadi team dalam program kepemimpinan di atas menyatakan, “Nath, hipnoterapi yang kamu lakukan untuk trauma healing ini telah mengubah perspektif saya tentang hipnosis yang selama ini saya tahu. Saya pernah ikut pelatihan hipnosis tapi di sana mereka hanya membuat badan seseorang kaku dan ditempelkan ke tembok. Untuk apa hipnosis jika seperti itu? Maka saya berhenti mendalaminya.”
Hipnosis yang diketahui masyarakat luas merupakan hipnosis panggung – yaitu hipnosis yang digunakan untuk menghibur orang. Sedikit sekali orang-orang yang benar-benar berkecimpung dalam hipnoterapi klinis – yaitu hipnoterapi untuk menyembuhkan berbagai problem klinis. Atas dasar inilah para psikolog tidak mendalami hipnoterapi. Tapi setelah para psikolog dan mahasiswa psikologi mengetahui betapa besarnya manfaat hipnoterapi untuk membantu prkatek psikologi mereka, mereka mulai mendalaminya dengan mengikuti training hipnoterapis 100 jam yang ada di Nathalia Institute.
  • Kelas hipnoterapi yang tidak kompeten
Banyak para psikolog dan mahasiswa psikologi mengikuti kelas-kelas hipnosis yang tidak kompeten. Bahkan banyak pengajar hipnosis dan hipnoterapi yang tidak menangani klien. Mereka mengajar hanya berdasarkan training mereka dan hasil bacaan dari buku-buku. Padahal hipnoterapi didalami dari penanganan berbagai kasus klien yang nyata. Selama saya menangani ribuan klien, saya menemukan banyak sekali pengalaman baru yang menakjubkan. Dari situlah saya menemukan dan menciptakan Wisdom Therapy – yaitu dari pengalaman nyata menangani kasus-kasus klinis klien setiap harinya.
Ada perbedaan antara praktisi dan pengajar hipnoterapi. Seorang praktisi hipnoterapi akan mengajar berdasarkan pengalaman nyatanya. Pengajar hipnoterapi mengajar dari sisi teori. Manakah yang menurut Anda lebih kompeten? Jika gurunya saja tidak pernah menangani klien bagaimana bisa muridnya menjadi kompeten?
  • Tidak percaya diri
Apa yang dirasakan guru hipnoterapi akan juga dirasakan oleh muridnya. Hal ini lucu sekali, saya sangat tertantang menangani kasus-kasus hipnoterapi yang berat, seperti depresi, luka batin, percobaan bunuh diri, dan lain-lain. Saya sangat melayani klien-klien saya saat mereka menangis, berteriak bahkan muntah. Saya menyukai sesi hipnoterapi yang pebuh abreaction (luapan emosi). Maka hampir semua murid saya merasakan hal serupa. Mereka sangat tertantang menangani kasus-kasus berat. Saya mendengar banyak lulusan hipnoterapi yang gurunya tidak praktek selalu mengalami ketakutan dan kebingungan saat harus menangani klien sungguhan. Hal seperti itu jarang sekali terjadi dengan murid-murid saya. Saya dan mereka sangat percaya diri dengan kedahsyatan hipnoterapi dan Wisdom Therapy karena sangat terbukti efektivitasnya.
Ayo, para psikolog dan mahasiswa psikologi dalami dan jadilah master di bidang hipnoterapi untuk kedahsyatan praktek kalian! Saya tunggu peran serta dan sumbangsih praktisi psikologi di bidang hipnoterapi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar