Jumat, 17 Juni 2011

Kesehatan Makin Banyak Diminta dalam Doa

Bahwa sakit itu mahal tampaknya makin dihayati oleh banyak orang. Tak terkecuali di negara maju seperti Amerika Serikat. Sebuah analisa data survei menunjukkan kini makin banyak orang di negara itu yang berdoa memohon kesehatan.
Data tersebut diambil dari National Health Interview Survey di tahun 2002 yang melibatkan 30.080 orang dewasa dan tahun 2007 yang melibatkan 22.306 orang dewasa. Hasilnya, dibanding tahun 2002, terjadi peningkatan dari 43 persen menjadi 49 persen jumlah orang yang berdoa ingin sehat. Di tahun 1999, jumlah orang yang mendoakan hal yang sama bahkan hanya 14 persen.
Menurut survei tersebut, orang yang jarang berdoa meminta kesehatan biasanya adalah mereka yang rutin berolahraga. Mungkin karena mereka merasa tak punya masalah kesehatan. Selain itu orang yang berkocek tebal juga biasanya jarang berdoa.
Menurut analisa yang dimuat dalam jurnal Psychology of Religion and Spirituality ini, orang dewasa yang berdoa makin tahun terus meningkat. Orang yang menderita depresi dan juga sakit gigi juga dilaporkan sebagai kelompok yang paling sering berdoa minta kesembuhan.
"Kami terkejut dengan hasil analisa ini. Tadinya kami menduga hal ini berkaitan dengan peristiwa 9/11 tetapi itu adalah hipotetis yang belum terbukti. Sepertinya adalah hal yang lebih penting yang dirasakan oleh orang secara global," kata Amy Wachholtz, direktur kesehatan psikologi di Universitas Massachusetts.
Sumber :
New York Times

Tidak ada komentar:

Posting Komentar