Minggu, 12 Juni 2011

Air Terjun Terkenal

Di dunia ini banyak sekali terdapat air terjun. Kenapa bisa begitu? Ya, karena 70% permukaan bumi terdiri atas air. Yuk, kita simak air terjun yang terkenal di dunia!
Air Terjun Victoria 
Air terjun ini bisa dibilang air terjun terlebar di dunia, lebarnya sekitar 1.708 m. Air terjun ini terletak di Sungai Zambezi, Afrika Selatan, lebih tepatnya lagi di perbatasan negara Zambia dan Zimbabwe. Kedua negara tersebut juga mempunyai taman nasional yang namanya diambil dari nama air terjun tersebut. Kalau taman nasional di Zimbabwe bernama Victoria Falls National Park sedangkan di Zambia namanya Mosi-oa Tunya National Park. Sebenarnya nama asli dari air terjun ini adalah Mosi-oa Tunya yang artinya asap yang menggelegar, tapi kenapa bisa bernama Victoria? Ya, karena pada tahun 1855, David Livingstone, penjelajah dari Skotlandia terkesima pada air terjun ini dan ia pun menamakan air terjun ini sama dengan nama ratunya, yaitu Ratu Victoria.
 
Air Terjun Niagara Air terjun Niagara memang paling terkenal, tak heran air terjun ini banyak dikunjungi oleh wisatawan.  Air terjun yang terletak di perbatasan Kanada dan Amerika Serikat ini terdiri dari 3 air terjun, di antaranya adalah air terjun Horseshoe, yang dikenal juga dengan air terjun Kanada, air terjun Amerika, dan air terjun Bridal Veil. Para wisatawan yang ingin berkunjung ke air terjun ini bisa melalui Kota Ontario, Kanada dan Kota New York, Amerika Serikat. Wisatawan yang datang ke air terjun Niagara di Ontario tak kalah banyaknya dengan yang di New York. Sekitar 12.000 tahun yang lalu, air terjun Kanada ini lebar pusat muaranya pernah mencapai 11 km dari pusat muaranya. Sayangnya, setiap tahunnya mengalami pelongsoran rata-rata 1 meter.
Air Terjun Rhine 
Air terjun Rhine berada di Swiss. Air terjun yang tak kalah terkenalnya dengan air terjun Niagara ini adalah air terjun tertinggi di Benua Eropa. Tingginya mencapai 25 m dan panjangnya 150 m. Debit air terjun yang sudah ada sejak 15.000 tahun yang lalu ini mencapai 750.000 liter per detik. Air terjun ini sangat sibuk dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin melihat keindahan air terjun ini. Setiap harinya, air terjun Rhine dikunjungi 50.000 wisatawan. Mereka ingin sekali berfoto di dekat air terjun. Untuk mendapatkan posisi yang baik untuk berfoto, mereka harus menaiki sebuah perahu yang bisa mendekat ke air terjunnya.
Air Terjun Angel
Air terjun Angel yang terletak di Taman Nasional Canaima, Venezuela adalah air terjun tertinggi di dunia. Tingginya mencapai 979 m. Air terjun ini pertama kali dilihat oleh Ernesto de Santa Cruz  pada awal abad ke-20. Namun, air terjun ini semakin dikenal lagi sejak ditemukan oleh James Crawford Angel, yaitu penerbang Amerika. Ia menemukan air terjun ini saat sedang terbang mencari lokasi tambang emas pada tahun 1936. Tak heran, nama air terjun ini dinamakan Angel. Untuk melihat air terjun ini dari dekat, para wisatawan bisa melihatnya dengan menggunakan pesawat khusus. Kalau ingin melihat air terjun ini lebih dekat lagi, para wisatawan harus menempuh dengan berjalan kaki selama beberapa hari melewati hutan hujan alami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar