Senin, 13 Juni 2011

Software Penting yang Harus Ada di Komputer Anda

Utulity adalah sebuah program yang membantu kinerja komputer kita sehingga menjadi lebih optimal. Ada banyak utulity di dunia ini. Saya akan sebutkan beberapa yang saya anggap perlu untuk dimiliki. Ini adalah pengalaman pribadi penulis sendiri dalam ngoprek komputer dan muter-muter dunia maya
saya tidak akan membahas tentang cara penggunaan aplikasi ini karena saya intinya cuma ” bacalah file help “. aplikasi ini saya dapatkan dari berbagai blog, situs dan forum. selamat membaca :


1. TuneUp Utulities 

ni adalah logo tune up 
logo


No.1 …, ya aplikasi ini saya tempatkan di no satu karena fungsinya yang keren abis. Intinya adalah meningkatkan performa komputer menjadi lebih optimal. Mulai dari mempercepat koneksi, mempercepat komputer, membersihkan file-file yangtidak berguna, membersihkan registry memperperbaiki system yang error, memperbaiki pengaruh virus dan banyak lagi. Dan salah satu fitur yang paling ana sukai adalah “undelete” mengembalikan file yang telah terhapus di recycle bin. Keren tuh, gak cuman file yang ada dalam hardisk tapi juga dalam mmc, sd card ato yang laen. Bahkan yang udah terformat sekalipun, edan tenan…..   langsung aja download di situs aslinya, klik disini. cobalah aplikasi ini selama 30 hari (karena cuman trial version). apabila anda puas maka silahkan beli product ini seharga $49.95 download keynya disini


2. Anti Virus

virus komputer memang menjengkelkan (pembuat virus memang brengsek!).  Oleh karena itu anda perlu anti virus yang ampuh. Anti virus apa yang paling ampuh?  Semua anti virus tu ampuh asal rajin update ( diperbaharui ). Semahal apapun anti virus, kalo tidak diupdate maka akan bertekuk lutut di depan virus baru.
pcmav 
pcmav
Saya merekomendasikan PCMAV (PC-Media Anti Virus ), anti virus buatan anak bangsa yang terbukti ampuh membasmi virus-virus lokal bahkan terkadang virus luar juga terbasmi. Aplikasi ini gratis, dan bisa anda dapatkan dengan membeli majalah PC-Media atau download di link ini.

logo 
logo
bagi yang tinggal di luar negri, saya rekomendasikan untuk anda Avira AntiVir yang bisa anda download gratis ( versi personal )di situs aslinya atau klik link ini . Khusus Avira, kalau komputer anda tidak terkoneksi dengan internet maka matikan aja opsi auto update karena sedikit menganggu. Update saja secara manual dengan mendownload file ini.

3. freez….

Memasang anti virus adalah sebuah keharusan bagi yang ingin komputernya tidak jadi kebon binatang (karena banyak virus yang bersarang). Bagi komputer yang mempunyai dengan spec rendah, memasang anti virus bisa membuat komputer jadi luuuuuuuuuuuuuammmmmmmmmbaaaaaaat bin leeeeeemot buuuuuuuuuuanget kerjanya dan itu sangat mengganggu. Adakah solusi yang lain? Jawabnnya ADA. Pakailah aplikasi freez (pembeku). Aplikasi untuk membatalkan segala perubahan yang terjadi di komputer. artinya aplikasi ini menjaga komputer agar tidak berubah setingannya dan file yang didalamnya. menjadi Beku seperti es. Sehingga, seganas apapun virusnya tidak akan bisa mencederai komputer anda. tinggal restart  aja maka semua file yang terhapus dan setingan yang berubah akan kembali seperti semula…  sedankan file tambahan akan terhapus.

logo 
logo
Salah satu aplikasi pembeku yang terkenal adalah deepfreeze. Aplikasi ini menjaga agar tidak ada perubahan pada setingan komputer anda dan file drive yang anda pilih. anda tidak bisa meyimpan file anda di drive terpilih tersebut. File harus disimpan lewat flash disk atau media eksternal lainnya. Saya tidak merekomendasikan aplikasi ini karena sering error di komputer penulis yang mengakibatkan harus instal ulang.oleh karena itu saya tidak akan memberi linknya. cari sendiri aja kalau anda ingin mencobanya.

box 
box
Saya merekomendasikan shadowuser. Aplikasi ini cara kerjanya sama dengan deepfreeze tapi ada satu kelebihan : kita bisa menentukan folder atau file tertentuyang kita inginkan untuk bisa dirubah-rubah.. bagi yang ingin download silhkan download di sini. instal dan buktikan keampuhannya. setelah itu, jika anda puas, maka beli yang asli seharga $49.95 download keynya di sini. buka keygennya tapi sebelumnya matikan dulu antivirus anda karena keygen biasanya dibaca trojan oleh antivirus anda.



4. Compress

Kalo ada orang sakit demam maka kita kompres tapi kali ini yang kita kompres adalah file komputer sehingga jadi kecil. ada banyak aplikasi kompress file.
logo
logo
 

diantaranya winzip dan winrar. yang saya pilihkan buat anda  adalah Winrar, selain mudah pengoperasiannya dan mendukung banyak format compressing + gratis. Aplikasi ini wajib bagi orang yang doyan download file dari internet karena hampir semua file yang tersebar di dunia maya bentuknya compressan sehingga harus punya aplikasi untuk
winrar 
winrar
mengekstraknya. versi winrar ada banyak, beberapa versi terakhir terdapat nag screen yang cukup menganggu apa bila anda tidak register. untuk itu, saya pilihkan buat anda versi winrar yang tidak ada nag screen register.Download disini. aplikasi ini cukup bagi anda untuk mengekstrak file kompressan.

5. windows media player
wmp 
wmp
aplikasi bawaan windows yang power full untuk memainkan file suara atau video. Tidak perlu downloadplayer lain dari pihak ketiga yang belom tentu cocok dengan windows  atau cocok dengan kita. Penulis merekomendasikan windows media player versi terakhir (versi 11 ), selain tampilannya yang keren ( vista punya) juga support banyak format file media. Tentunya harus ada gandengannya agar wmp kita jadi greng! dapat memainkan banyak format . download di situs aslinya. Tapi anda terpentok oleh keaslian windows tersebut alias validation (kecuali jika anda windows anda asli). Gimana caranya melewati validaton itu? gampang, beli windows yang asli ( emang sapa yang mau beli? ). kalau tidak ada dua cara :
  1. pake proses explorer. download dulu disini, trus baca tutorialnyadisini.
  2. update aja langsung. untuk itu, baca tutorial ini.

6. k- lite mega codec
klm 
klm
secara default, wmp  tidak bisa memainkan beberapa format media. Oleh karena itu harus ada gandengannya yaitu k-lite mega codec. Ini adalah kumpulah codec agar bisa memainkan format-format media yang tidak didukung oleh wmp bahkan format rm yang menjadi kekuasaan real one bisa dimainkan setelah menginstal program ini. jika anda mendownload wmp, maka wajib mendowload file ini. klik link ini untuk download.

7. chat
untuk bisa tetap saling komunikasi dengan teman, kita perlu aplikasi  chat. ada banyak aplikasi chat yang tersebar di dunia ini. Salah satunya yang keren
ym 
ym
adalah yahoo! Messengger. Anda harus punya account di yahoo untuk bisa chating lewat YM. apabila anda mendowload aplikasi YM langsung dari situsnya resmi, biasanya cuman aplikasi starter aja, bukan full version. klik link ini untuk mendapatkan YM full version.  Secara default, YM tidak membolehkan lebih dari 1 id online di satu pc. Tapi jangan takut ada triknya biar bisa online lebih dari 1 id di satu pc. klik link ini. atau anda ingin ym anda tidak ada iklannya? ikuti cara ini. pertama-tama menuju ke C:\WINDOWS\system32\drivers\etc disitu ada file bernama “host”. buka file tersebut menggunakan notepad. tambahkan pada baris terakhir perintah :
127.0.0.1       insider.msg.yahoo.com
klik file > save kemudian buka ym anda. selamat mencoba..

8. utorrent


utorrent 
utorrent
ini adalah aplikasi untuk yang doyan ngambil file bentuk torrent. File torrent yang kita download bukan file asli tapi cuman metafile saja yang akan menunjukan ke pc yang telah mendownload file asli. Inti kerja torrent adalah berbagi dari ratusan bahkan ribuan pc di dunia ini yang sedang online. kemudian saling download dan saling upload klik link ini untuk mendapatkan utorrent
9. free muzic zilla
ini adalah salah satu aplikasi kesukaan ana. fungsi aplikasi ini adalah
fmz 
fmz
mendownload file suara yang diputar secara streming di sebuah web kemudian akan menghasilakan file mp3. bahkan video dari youtube pun bisa langsung di download dari aplikasi ini. interface sederhana dan mudah diopersikan. biasanya, ketika mendownload video dari youtube, aplikasi ini tak memberikan extension pada file yang didownload sehingga anda harus menambahnya sendiri sehingga menjadi *.flv. klik link ini untuk download

10. internet download manager

idm 
idm
agar mendowload suatu file menjadi lebih cepat maka anda perlu aplikasi ini. dengan aplikasi ini, kita bisa membuat daftar file-file yang akan kita download kemudian waktu download dan tempat tertentu untk file yang akan kita download. hebatnya lagi bisa mengambil video di google dengan cepat. langsung aja pesan dan beli dengan harga $24.95 klik untuk download.


11. mozilla fire fox

mozilla 
mozilla
wah… ini nih browser paaling keren (menurut ana) . dah pada punya belom ?
kalo belom, ayo cepet download disini. browser mozilla terkenal dengan kecepatannya dalam mengakses sebuah web. apalagi banyak plugin yang keren. interfacenya userfriendly karena sudah berbahasa indonesia. satu lagi : gratis !!! ini yang paling penting.




12. burning cd
aplikasi wajib bagi yang suka bakar-bakaran cd. sebenarnya, secara
nero 8 
nero 8
default windows sudah menyediakan fasilitas untuk membakar cd. tetapi bagi saya, microsoft cuman setengah-setengah dalam membuat aplikasi burning cd. gak uuuenak + gak nyaman. mungkin sengaja biar ada pihak ketiga yang membuatnya.  saya merekomendasikan nero express 8.3.2.1. kemudian langsung aja beli di situs aslinya download serialnyadisini. catatan penting : aplikasi ini adalah yang paling lama instalnya setelah maktabah syamilah (7,5 giga) di komputer penulis karena waktu menginstal saya memilih “typical” sehingga komputer saya ancur. banyak fitur yang gak jalan karena saya tidak tau cara menggunakan keygennya. kemudian saya instal ulang dan memasukkan key serial kemuadian memilih “costum”. di tab costum, saya mendisable semua fitur kecuali fitur “nero burning rom” – karena ini intinya. tinggal next-next-next jadi deh. untuk yang ingin mencoba versi sembilan, klik disini. tapi ingat! ni cuman trial version, kalau mau yang full, beli aja di situs aslinya seharga $79.99 bukan harga yang murah. oleh karena itu download key disini. tapi cara masukin keynya sedikit aneh. pertama-tama saya instal seperti biasa. ketika sampai pada serial, saya buka keygen kemudin pilih pada tab product “nero 9 hd” trus klik tombol “add to white-list” trus saya copy serialnya. saya paste-kan di kolom serial pada kolom serial instaler nero. next-next-next sampai pada pilihan mode, saya memilih mode costum kemudian mendisable semua fitur kecuali “nero burning rom” dan “nero burning right” next kemudian restart. setelah restart, program tidak bbisa jalan. saya buka keygen nero lagi kemudian memilih “nero 9 hd” kemudian klik tombol “add to white-list”. baru programnya jalan. huh.. lamanya…
13. virtual cd

aneh 
aneh
pernahkah anda mencoba suatu aplikasi yang mengharuskan cd berada dalam cd drive ketika menjalankannya? biasanya aplikasi game atau emulator ps yang mengharuskan cd berada dalam cd drive. sungguh merepotkan dan bisa membuat cd drive anda cepat aus plus cd anda cepat tergores karena sering diputar. solusinya, anda harus mendownload virtual cd, aplikasi yang membuat cd drive bohongan di komputer kita, seakan-akan dikomputer kita ada cd drive / dvd drive. aplikasi ini sengaja dibuat untuk membohongi komputer agar mengira ada cd drive di komputer. aplikasi ini bagus untuk laptop atau yang tidak ingin cd drivenya cepat rusak. contoh aplikasi virtual cd adalah alcohol 120%, (nama yang aneh). silahkan download disini. aplikasi ini cukup mahal di situs aslinya seharga $50,00 edan
14. vista theme
anda pengen tampilan komputer anda mirip vista? gampang.. beli aja os vista ( bagi yang punya duit). atau pakai saja vista theme yang
vista 
vista
tersebar di dunia maya ini. salah satunya yang paling keren adalah vtp 9.0.1(vista transformation pack) aplikasi yang membuat win xp anda sangat mirip seperti vista. efek aero glas, visual tooltip, winflip’s, dan lain-lain. silakan coba sendiri. download di sini. aplikasi ini butuh grafik yang tinggi . kalo komputer anda pas-pasan mending download aja vista mizer 3.2.0.0. ini sudah cukup buat ganti tampilan windows xp anda. cuman ilang fitur yagn keren seperti efek kaca aero glas, winflip’s dan tooltips. download disini.
ini hanya beberapa saja. kalo anda ingin yang lebih, silahkan googling ….
refrensi :
  1. http://www.tune-up.com
  2. http://www.ziddu.com
  3. http://pcmav.biz
  4. http://www.free-av.com
  5. http://www.storagecraft.com
  6. http://www.microsoft.com
  7. http://www.freemusiczilla.com
  8. http://www.mozilla.org
  9. http://www.oldapps.com
  10. http://www.nero.com
  11. http://www.d60pc.com
  12. http://yahoindo.com
  13. http://www.softpedia.com
  14. http://balainfo.com
  15. http://forum.detikinet.com
  16. http://akhdian.wordpress.com
Dikutip dari:
http://xdra.wordpress.com/2009/04/21/utulity-wajib-bagi-pengguna-komputer/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar